Kompas.com - 10/10/2021, 20:04 WIB
Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Kementerian PUPRBendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengingatkan beberapa hal terkait pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kabupaten Penajam Paser Utara bersama Kabupaten Kutai Kartanegara ditetapkan sebagai ibu kota negara (IKN) baru.

Basuki mengatakan agar setiap detil proses konstruksi tetap mengutamakan kualitas dengan meminta konsultan pengawas untuk tegas mengawasinya.

"Kalau ada yang salah, jangan ragu dibongkar," kata Basuki, dikutip dari Twitter Kementerian PUPR, Sabtu, (09/10/2021).

Adapun saat ini progres konstruksinya mencapai 20,47 persen. Dengan pengerjaan mencakup jalan masuk, pengelak, pelimpah,galian dan timbunan tubuh bendungan.

Baca juga: Basuki Beberkan Tahap Awal Pembangunan IKN Baru

Basuki juga mengingatkan pelaksana agar memperhatikan kemungkinan terjadinya longsor di lokasi pengerjaan. Selain itu, juga berpesan soal penataan drainasenya.

"Hati-hati dengan potensi longsoran, drainasenya juga agar ditata betul," tuturnya.

Sebagai informasi, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang tinggal di sekitar IKN baru.

Bendungan yang dibangun di wilayah Kecamatan Sepaku tersebut memiliki daya tampung sekitar 11,6 juta kubik dengan debit air 2.400 liter per detik.

Bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir serta dijadikan daerah pariwisata waduk dan konservasi daerah aliran sungai (DAS) Tengin Baru.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi menggunakan anggaran senilai Rp 711 miliar dan ditargetkan selesai 2023. Sebagai pelaksana konstruksi ditunjuk PT Brantas Abipraya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.