Kompas.com - 10/10/2021, 17:00 WIB
Qlue, penyedia ekosistem smart city di Indonesia menekankan pentingnya lokalisasi digital QlueQlue, penyedia ekosistem smart city di Indonesia menekankan pentingnya lokalisasi digital

JAKARTA, KOMPAS.com - Qlue, penyedia ekosistem smart city di Indonesia menekankan pentingnya peningkatan lokalisasi teknologi di tanah air. Agar tidak terjadi benturan digitalisasi dengan nilai-nilai budaya Indonesia.

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, kemajuan teknologi berpotensi mendegradasi kearifan lokal jika tidak dikelola secara optimal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satunya contohnya adalah urbanisasi yang semakin tinggi lantaran perkembangan teknologi cenderung lebih banyak dimanfaatkan di kawasan perkotaan.

"Kondisi itu mengakibatkan kawasan pedesaan menjadi berpotensi ditinggal penduduknya, yang berpotensi mengurangi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat," katanya dalam keterangan pers, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: Qlue Kembangkan CCTV Berbasis Kecerdasan Buatan

Oleh sebab itu, lokalisasi teknologi menjadi vital demi mendorong sinergi yang lebih optimal antara kemajuan teknologi dan kearifan lokal dalam memanfaatkan potensi ekonomi digital di Indonesia.

Penetrasi teknologi yang mayoritas berasal dari luar negeri tidak otomatis menjadi jawaban atas persoalan yang terjadi di suatu wilayah.

Dengan didukung data-data yang komprehensif, lokalisasi teknologi menjadi lebih signifikan manfaatnya dalam menjadi solusi bagi masyarakat.

“Suatu hal yang signifikan adalah mengakomodir pasar yang ada. Jadi tidak hanya fokus mengembangkan teknologi, tetapi juga mengadaptasi teknologi untuk menjadi solusi atas sebuah masalah," terangnya.

Qlue memiliki engineer yang berasal dari berbagai daera seperti Yogyakarta, Bandung, hingga Papua. Prinsip hyper-localized teknologi itu sudah diterapkan oleh Qlue.

Sehingga bisa menjangkau seluruh provinsi di Indonesia, bahkan diterima oleh pasar di Jepang, Malaysia, dan Singapura.

Baca juga: Kini Ada Beride, Aplikasi Tata Kota Selain Qlue

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.