Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknolgi Swa-Energi untuk Perumahan, Diklaim Hemat Listrik 4 Kali Lipat

Kompas.com - 10/10/2021, 14:42 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu startup bidang energi di Indonesia, Baran Energy menyediakan Baran Powerhome Energy Storage System (ESS atau power bank raksasa) bagi perumahan.

Tekonologi ini berkonsep swa-energi. Sehingga, diharapkan dapat mengurangi penggunaan energi fosil yang selama ini berkaitan dengan konsumsi listrik rumah tangga yang besar.

CEO Baran Energy Victor Wirawan mengatakan, teknologi ini hadir guna mendukung program kemandirian energi yang dicanangkan Pemerintah. Menuju energi baru dan terbarukan (EBT).

"Mau tidak mau, EBT menjadi lebih signifikan perannya di masa mendatang, termasuk di dalamnya pengembangan solar panel dan power storage system," kata Victor dalam keterangan pers, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: Kiat Hemat Listrik, Maksimalkan Pencahayaan Rumah

Dia menambahkan, cara kerja teknologi Baran Energy cukup sederhana, yakni mengonversi cahaya matahari menjadi energi listrik oleh solar panel yang terpasang di atap bangunan.

Setelah itu, dari solar panel energi listrik disalurkan ke peralatan rumah tangga. Seperti lampu, kulkas, mesin air, AC, kipas angin, dan lain-lain.

"Sementara, kelebihan energinya secara otomatis disalurkan ke penampung, berupa Baran Powerhome untuk bisa dimanfaakan pada malam hari, atau saat kekurangan pasokan listrik," kata Victor.

Victor menyampaikan, baru-baru ini pihaknya memasang Baran Powerhome ESS di kawasan properti di Summarecon Bandung. Sehingga kebutuhan listrik tidak bergantung dari negara.

Menggabungkan antara panel surya dengan daya produksi sebesar 5 kWP (kilowatt-peak) dan power storage system dengan kapasitas 8 kWh (kilowatt hour).

Baca juga: Pardi Solusi Tawarkan Lift Rumah Hemat Listrik

"Masyarakat bisa menghemat tagihan listrik 4 kali lebih rendah. Kami berharap, teknologi ini bisa menjadi sebuah terobosan di tengah semakin merosotnya cadangan energi fosil di dunia," jelasnya.

Victor berharap, akan banyak pengembang perumahan yang mengikuti jejak Summarecon Bandung yang berkontribusi dalam menciptakan hunian swa-energi dengan memasang Baran Powerhome.

Ia mengeklaim, saat ini sudah ada beberapa pengembang properti yang menandatangani kontrak kerja sama.

"Selain itu, kami juga memiliki program bagi para developer perumahan untuk memasang Baran Powerhome secara gratis di rumah contoh," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com