Kompas.com - 04/10/2021, 19:00 WIB
Perusahaan juga sebaiknya turut berkontribusi untuk menciptakan kebiasaan kerja yang lebih hijau. ThinkstockPerusahaan juga sebaiknya turut berkontribusi untuk menciptakan kebiasaan kerja yang lebih hijau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pembangunan gedung yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggunakan konsep Bangunan Gedung Hijau (BGH).

Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengatakan, ini salah satu upaya demi mengurangi emisi karbon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, penerapan konsep BGG ini diwujudkan dalam pembangunan Gedung Kantor Kementerian PUPR, pasar tradisional, rumah susun (rusun) hemat energi.

Pembangunannya dilaksankan bersamaan dengan pemanfaatan energi terbarukan untuk pengoperasian bangunan gedung.

Baca juga: Beroperasi 2024, Dua Proyek SPAM Diharapkan Cegah Penurunan Muka Tanah Jakarta

“Beberapa bangunan yang didirikan Kementerian PUPR pun sudah mendapatkan penghargaan tingkat ASEAN kategori energy efficient building pada bangunan tropis,” ujar Diana dalam acara Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD), Senin (4/10/2021).

Contohnya, setiap venue (arena) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 dan perguruan tinggi juga menerapkan konsep BGH.

“Sehingga, pemeliharaannya (gedung dengan konsep (BGH) pun juga akan lebih hemat lagi,” tambah Diana.

Terkait penerapan konsep ini, Kementerian PUPR telah menerbitkan dua aturan untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur ramah lingkungan.

Keduanya adalah Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelengggaraan Konstruksi Berkelanjutan.

Kemudian, Permen PUPR Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja BGH.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.