Kompas.com - 04/10/2021, 17:00 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi Dirjen SDA Kementerian PUPR dan langsung disambut Jarot Widyoko, Senin (4/10/2021). Dinas Kominfo Kota MedanWali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi Dirjen SDA Kementerian PUPR dan langsung disambut Jarot Widyoko, Senin (4/10/2021).

MEDAN, KOMPAS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan langsung disambut Jarot Widyoko.

Bobby memaparkan program penanganan banjir di Kota Medan. Kota ini mengalami kekurangan dana hingga Rp 25 miliar untuk pembebasan lahan di sekitar sungai yang akan dilakukan normalisasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dirjen SDA Jarot Widyoko menyambut baik semua yang dipaparkan, soal kekurangan dana, pihaknya akan meminta persetujuan menteri.

“Lahan di sekitar sungai perlu dibebaskan. Selain dana yang kita upayakan dari kementerian, juga harus dibantu dari Pemkab Deliserdang dan Pemprov Sumut,” kata Bobby dikutip dari rilis berita Diskominfo Medan yang diterima Kompas.com, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Bobby Nasution: Terima Kasih kepada Bapak Menteri yang Memberi Jatah Kapal kepada Kota Medan

Pemkot Medan akan melaksanakan sosialisasi, mediasi dan pengukuran lahan di sekitar Sungai Bederah. Targetnya selesai tahun ini sehingga proses ganti rugi lahan bisa dilakukan pada 2022.

Menurut Bobby, normalisasi sungai membutuhkan dana yang besar, namun dia yakin, program ini mampu mencegah banjir di Kota Medan.

Untuk itu, Dirjen SDA memastikan akan membantu pendanaan sebesar Rp 45 miliar dan Pemkot Medan juga akan mengalokasikan dana dengan jumlah yang sama untuk pengadaan lahan.

“Untuk penanganan Sungai Baderah, telah dialokasikan dana konstruksi sebesar Rp 45 miliar di 2022 nanti. Kita juga menyiapkan dana pengadaan lahan sebesar Rp 45 miliar,” ucapnya.

Kabar gembira lain yang dibawa dari Jakarta untuk masyarakat di Medan bagian utara.

Bobby bilang, Dirjen SDA siap membantu membangun tanggul atau dinding penahan pompa dan kolam retensi termasuk pengadaan lahannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.