Kompas.com - 24/09/2021, 21:00 WIB
Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA). Dok. Kementerian PUPR.Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo ditargetkan tersambung secara keseluruhan pada tahun 2024.

Hingga kini, pembangunan jalan bebas hambatan berbayar tersebut baru dimulai dari Seksi I Kartosuro-Purwomartani dengan progres mencapai 2,07 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Seksi II Purwomartani-Gamping dan Seksi III Gamping-Purworejo masih dalam tahap persiapan pekerjaan fisik dengan target selesai 2024.

Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur Adrian Priohutomo mengatakan, pembangunan tol tersebut berjalan lancar berkat dukungan pemerintah pusat maupun daerah.

Baca juga: Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo Senilai Rp 26,6 Triliun Mulai Dibangun

"Semua sedang berproses dan berprogres, baik lahan maupun konstruksi," ujar dia kepada Kompas.com, Jumat (24/9/2021).

Namun, dia tak memungkiri, proses pembebasan lahan sedikit mengalami perlambatan lantaran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Adrian mengatakan, dana pembebasan lahan jalan tol tersebut sudah hampir Rp 1,8 triliun yang dikucurkan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) selama kurang dari satu tahun.

Khusus Seksi 1, pembangunan tol ini membutuhan dana pembebasan lahan sebesar Rp 5,7 triliun.

Dia mengungkapkan, Jogjasolo Marga Makmur selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengerjakan pembangunan tol tersebut tidak menggunakan dana talangan tanah, melainkan pembayaran langsung oleh pemerintah melalui LMAN.

"Kami mengapresiasi LMAN karena sangat cepat dalam pembayaran uang ganti kerugian (UGK)," lanjutnya.

Baca juga: Saat Rampung, Tol Solo-Yogya-Bandara Kulon Progo Tersambung Tol Semarang-Solo

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.