Begini Cara Mengajukan Permohonan Informasi Pertanahan secara Online

Kompas.com - 24/09/2021, 18:00 WIB
Begini cara mengajukan permohonan informasi online Kementerian ATR/BPN. Tangkap Layar Youtube Kementerian ATR/BPNBegini cara mengajukan permohonan informasi online Kementerian ATR/BPN.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan sistem aplikasi layanan permohonan informasi online. Aplikasi ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Jadi, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor pertanahan jika membutuhkan informasi. Cukup mengajukan permohonan melalui website https://ppid.atrbpn.go.id/.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nanti hasil permohonan informasinya dikirim secara elektronik melalui email masing-masing pemohon dan juga dapat dipantau secara elektronik.

Baca juga: Daftar Tanah secara Online, Masyarakat Bisa Chatting Interaktif di LoketKu

Adapun untuk mengajukan permohonan informasi publik secara online Kementerian ATR/BPN, caranya sebagai berikut:

1. Pemohon melakukan REGISTRASI akun melalui link https://ppid.atrbpn.go.id/bpn/register dengan mengisi form pendaftaran

2. Pemohon akan mendapatkan pemberitahuan saat akun sudah di VERIFIKASI oleh admin PPID

3. Setelah mendapatkan verifikasi dari admin PPID, pemohon dapat LOGIN melalui link https://ppid.atrbpn.go.id/bpn/register

Baca juga: Kecuali Hak Guna Usaha, Masyarakat Bebas Mengakses Informasi Pertanahan secara Online

4. Setelah Login pemohon dapat mengajukan permohonan informasi dengan Klik tombol Ajukan Informasi berwarna biru. Kemudian akan muncul form yang harus diisi oleh pemohon secara lengkap

5. Kemudian setelah diisi oleh pemohon secara lengkap Klik tombol SUBMIT berwarna biru

6. Permohonan informasi pemohon akan di proses oleh admin PPID.

Sementara PPID akan menyampaikan tanggapan atau jawaban atas dokumen informasi kepada pemohon dalam waktu 10+7 hari kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.