Kecuali Hak Guna Usaha, Masyarakat Bebas Mengakses Informasi Pertanahan secara Online

Kompas.com - 24/09/2021, 17:00 WIB
Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil memberi sambutan saat peluncuran aplikasi LoketKu dan aplikasi permohonan informasi online. Tangkap Layar Youtube Kementerian ATR/BPNMenteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil memberi sambutan saat peluncuran aplikasi LoketKu dan aplikasi permohonan informasi online.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan aplikasi layanan permohonan informasi online.

Masyarakat bisa dengan mudah, cepat, dan praktis untuk mendapatkan informasi terkait pertanahan, tata ruang, dan lain-lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil mengatakan, apalikasi permohonan informasi online sangat penting.

Karena UU kebebasan memperoleh informasi mewajibkan agar berkomunikasi dengan masyarakat untuk menjelaskan informasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Daftar Tanah secara Online, Masyarakat Bisa Chatting Interaktif di LoketKu

"Aplikasi ini juga akan membantu terkait informasi tata ruang, pertanahan, dan yang lain-lain," katanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/09/2021).

Meski begitu, dia menegaskan, ada beberapa hal terkait permohonan informasi yang tidak bisa dilayani atau dibuka ke publik.

"Masalah HGU orang, yang barangkali walaupun sudah ada informasi ini komplain. Terutama dari LSM karena beberapa hal tidak bisa kami fasilitasi," terangnya.

Seiring peluncuran aplikasi ini, Sofyan berharap ke depannya dapat meningkatkan profesionalisme kerja di kementeriannya dan tingkat kepercayaan publik.

"Meski kepercayaan ini merupakan tantangan besar dan membutuhkan waktu yang panjang," imbuh dia.

Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi Virgo Eresta Jaya menambahkan, peluncuran ini merupakan bagian dari perjalanan transformasi digital dalam hal keterbukaan informasi publik.

Baca juga: Simak, Langkah-langkah Mendaftarkan Tanah Lewat Aplikasi Loketku

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.