Kompas.com - 24/09/2021, 15:30 WIB
Peluncuran aplikasi LoketKu dan aplikasi Layanan Informasi Publik Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)  pada Jumat (24/9/2021). 
Proses peluncuran aplikasi dilakukan oleh Menteri ATR/Kepala BPN RI, Sofyan A Djalil, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Chandra, Sekjen Kementrian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto serta Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi, Virgo Eresta Jaya. YouTube/Kementrian ATRBPNPeluncuran aplikasi LoketKu dan aplikasi Layanan Informasi Publik Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada Jumat (24/9/2021). Proses peluncuran aplikasi dilakukan oleh Menteri ATR/Kepala BPN RI, Sofyan A Djalil, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Chandra, Sekjen Kementrian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto serta Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi, Virgo Eresta Jaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) resmi meluncuran aplikasi LoketKu, Jumat (24/9/2021).

Hadirnya aplikasi ini merupakan jawaban atas keluhan masyarakat yang sering datang dan pergi ke Kantor Pertanahan untuk mengurus berkas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi, Virgo Eresta Jaya dalam sambutannya pada saat acara peluncuran aplikasi LoketKu.

Aplikasi LoketKu lahir dari keluhan masyarakat yang sering bolak balik datang ke kantor pertanahan (Kantah) karena ada berkas yang belum lengkap. Ini mengakibatkan proses pengurusan berkas menjadi panjang,” jelas Virgo.

Baca juga: Simak, Langkah-langkah Mendaftarkan Tanah Lewat Aplikasi Loketku

Selain itu, Virgo menjelaskan aplikasi ini juga lahir berdasarkan keinginan dan inovasi pegawai Kantah di daerah agar Kementrian ATR/BPN dapta memperbaiki citra diri di mata publik.

“Aplikasi ini kita ciptakan secara bottom up karena lahir dari inovasi teman-teman di Kantah. Kami dari pusat hanya sekedar mengagregasi ke dalam skala yang lebih besar,” paparnya.

Dengan aplikasi LoketKu, masyarakat bisa langsung mendaftar dan mengunggah dokumennya secara elektronik dari rumah masing-masing.

Terdapat juga fitur chat interaktif yang memungkikan masyarakat bisa berkomunikasi dengan petugas di Kantah secara online sampai berkas terverifikasi dan layak unutk datang ke Kantah.

Selanjutnya masyarakat juga bisa menggunakan fitur antrian online sehingga bisa memilih waktu sendiri yang sesuai untuk bisa berkunjung ke Kantah.

“Diharapkan dengan aplikasi ini masyarakat yang datang bisa lebih terkontrol dan hanya cukup sekali datang saja ke Kantah,” papar Virgo.

Hingga saat ini, layanan LoketKu sudah digunakan di i 96 kota/kabupaten di Indonesia. Mudah-mudahan dengan peluncuran ini gaungnya akan semakin dinikmati oleh seluruh masyarakat. 

Aplikasi LoketKu diluncurkan bersama dengan Aplikasi Layanan Informasi Publik. Hadir dalam peluncuran aplikasi, Menteri ATR/Kepala BPN RI, Sofyan A Djalil, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Chandra, serta Sekjen Kementrian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.