Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Tanah secara Online, Masyarakat Bisa Chatting Interaktif di LoketKu

Kompas.com - 24/09/2021, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) resmi meluncuran aplikasi LoketKu, Jumat (24/9/2021).

Hadirnya aplikasi ini merupakan jawaban atas keluhan masyarakat yang sering datang dan pergi ke Kantor Pertanahan untuk mengurus berkas.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi, Virgo Eresta Jaya dalam sambutannya pada saat acara peluncuran aplikasi LoketKu.

Aplikasi LoketKu lahir dari keluhan masyarakat yang sering bolak balik datang ke kantor pertanahan (Kantah) karena ada berkas yang belum lengkap. Ini mengakibatkan proses pengurusan berkas menjadi panjang,” jelas Virgo.

Baca juga: Simak, Langkah-langkah Mendaftarkan Tanah Lewat Aplikasi Loketku

Selain itu, Virgo menjelaskan aplikasi ini juga lahir berdasarkan keinginan dan inovasi pegawai Kantah di daerah agar Kementrian ATR/BPN dapta memperbaiki citra diri di mata publik.

“Aplikasi ini kita ciptakan secara bottom up karena lahir dari inovasi teman-teman di Kantah. Kami dari pusat hanya sekedar mengagregasi ke dalam skala yang lebih besar,” paparnya.

Dengan aplikasi LoketKu, masyarakat bisa langsung mendaftar dan mengunggah dokumennya secara elektronik dari rumah masing-masing.

Terdapat juga fitur chat interaktif yang memungkikan masyarakat bisa berkomunikasi dengan petugas di Kantah secara online sampai berkas terverifikasi dan layak unutk datang ke Kantah.

Selanjutnya masyarakat juga bisa menggunakan fitur antrian online sehingga bisa memilih waktu sendiri yang sesuai untuk bisa berkunjung ke Kantah.

“Diharapkan dengan aplikasi ini masyarakat yang datang bisa lebih terkontrol dan hanya cukup sekali datang saja ke Kantah,” papar Virgo.

Hingga saat ini, layanan LoketKu sudah digunakan di i 96 kota/kabupaten di Indonesia. Mudah-mudahan dengan peluncuran ini gaungnya akan semakin dinikmati oleh seluruh masyarakat. 

Aplikasi LoketKu diluncurkan bersama dengan Aplikasi Layanan Informasi Publik. Hadir dalam peluncuran aplikasi, Menteri ATR/Kepala BPN RI, Sofyan A Djalil, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Chandra, serta Sekjen Kementrian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com