Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2021, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kiev merupakan salah satu kota terindah di dunia. Lanskap kota ini memiliki pemandangan unik dan kaya akan desain arsitektur yang berubah dalam kurun waktu 14 tahun terakhir.

Kiev terkenal dengan sebutan City of Domes atau kota kubah lantaran memiliki kurang lebih 950 katedral, yang dibangun sejak era Reus Kiev hingga masa kini.

Salah satu katedral yang paling terkenal adalah Katedral Saint Sophia dibangun pada awal abad ke-11.

Bangunan ini merupakan lambang dari Konstantinopel baru dan kini telah dimasukkan ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Baca juga: Mengenang Kekejaman Nazi, Situs Babyn Yar Kembali Direkonstruksi

Bangunan katedral lainnya seperti Gereja Saint Andrew, Katedral Bizantium Saint Volodymyr hingga Katedral Katolik Roma Saint Nicholas Gothic memiliki arsitektur unik.

Selain katedral, Kiev memiliki banyak teater yang menjadi tempat untuk para pecinta seni mempertunjukan karyanya.

Salah satunya adalah Opera Nasional Ukraina yang telah dibangun sejak tahun 1091 merupakan salah satu teater paling indah di negara ini.

Dekorasi fasadnya yang indah memukau penduduk lokal dan turis.

Ada juga beberapa bangunan teater dari abad ke-20, seperti Teater Akademik Nasional Kiev Operetta dan Teater Drama Akademik Nasional Ivan Franko.

Selain itu, kompleks bangunan mewah di Kiev merupakan lokasi menarik untuk dikunjungi bagi para penikmat arsitektur.

Salah satunya adalah The House with Chimeras yang bagian fasadnya dihiasi dengan atribut berburu, makhluk dongeng dan fauna air.

Baca juga: Bangunan Ikonik Karya Antoni Gaudi Dilapisi 164.000 Meter Tirai Aluminium

Bangunan lainnya adalah House of the Weeping Widow yang merupakan bangunan dengan ciri khas Art Nouveau dari abad ke-20.

Fasadnya dimahkotai dengan hiasan kepala wanita, didesain sedemikian rupa sehingga saat hujan, tetesan air mata mengalir secara simetris di bawah matanya seperti sedang menangis.

Tak hanya itu, arsitektur beberapa universitas di kota ini juga menawarkan keindahan tiada tara.

Salah satunya adalah Bangunan utama Universitas Nasional Taras Shevchenko Kiev, yang dibangun dengan gaya Klasisisme Rusia.

Kampus lain yang menjadi tujuan favorit penduduk lokal dan turis adalah kampus Institut Politeknik Kiev Igor Sikorsky, yang dibangun pada tahun 1898.

Arsitekturnya yang mempesona, dihiasi dengan elemen arsitektur Romawi-Gotik. Karena itu, bangunan ini sering disebut sebagai Hogwarts Ukraina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com