Teknologi LiDAR di Tol Rengat-Pekanbaru Bawa Hutama Karya Raih Penghargaan Internasional

Kompas.com - 23/09/2021, 20:00 WIB
Hutama Karya. Dok. PT Hutama Karya (Persero).Hutama Karya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) meraih penghargaan Innovator of the Year 2021 dalam ajang Autodesk ASEAN Innovation Awards 2021.

Penghargaan diraih perseroan setelah dinyatakan lolos dan dinilai layak dalam penjurian yang telah dilakukan oleh Autodesk Inc.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasan dibalik perolehan penghargaan tersebut adalah Hutama Karya menerapkan Light Detection and Ranging (LiDAR) yang terintegrasi dengan teknologi Building Information Modelling (BIM).

Ini merupakan inovasi dalam pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Rengat Pekanbaru.

Tak hanya memenangkan kategori Innovator of the Year 2021, Hutama Karya juga menjadi salah satu finalis dalam ajang tersebut pada kategori Alliance Award untuk proyek Pembangunan Gedung STAN.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, penghargaan ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa serta wujud komitmen perusahaan dalam penerapan teknologi terkini, khususnya percepatan penyelesaian pembangunan JTTS.

"Saat ini, JTTS sudah terbangun 531 kilometer dan nantinya total panjang 2.831 kilometer," ujar Koentjoro dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Untuk Ruas Rengat-Pekanbaru, pembangunannya telah dimulai pada awal tahun 2021 dan direncanakan selesai tahun 2024 mendatang.

Koentjoro menungkapkan, penyelesaian pembangunan JTTS ini bukan tanpa tantangan, khususnya terkait Detailed Engineering Design (DED) yang harus diselesaikan selama 6 bulan.

Baca juga: Sabet Penghargaan Internasional, Tol Layang AP Pettarani Terapkan Teknologi Ini

Jika menggunakan metode konvensional, imbuh Koentjoro, pekerjaan DED tidak akan tercapai.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.