Kompas.com - 22/09/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi rumah subsidi. Dok. Kementerian PUPR.Ilustrasi rumah subsidi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) diharapkan dapat diterapkan sepenuhnya pada awal tahun 2022 oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Rakyat (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arief Sabaruddin mengatakan hal ini dalam keterangan tertulis, Rabu (22/09/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Harapan PPDPP, SiPetruk nantinya diterapkan sepenuhnya pada awal tahun 2022 mendatang oleh BP Tapera," jelas Arief.

Aplikasi yang bertujuan untuk memastikan hunian yang dibangun sesuai ketentuan pemerintah ini menjadi syarat wajib bagi para pengembang dalam mengajukan rumah subisidi ke dalam Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang).

Baca juga: Tahun Ini, 395 Rumah Subsidi di Papua Dapat Bantuan PSU Rp 3,6 Miliar

Hingga kini, aplikasi SiPetruk masih dalam tahapan uji coba oleh para pengembang perumahan.

Berdasarkan rencana, pilot-project (proyek percontohan) SiPetruk agar nantinya disematkan pada gawai pintar Android akan dilakukan Oktober tahun ini.

Arief menyampaikan, penerapan proyek percontohan SiPetruk ini membutuhkan peran serta dan dukungan dari para asosiasi pengembang.

Karena, SiPetruk menggunakan artificial intelligence (AI) yang menerapkan teknologi recognize object (mengenali obyek) sehingga membutuhkan database dokumentasi konstruksi di lapangan.

Baca juga: SiPetruk Bikin Mudah Penyaluran Subsidi Rumah FLPP, Ini Alasannya

Database ini akan menjadi panduan AI SiPetruk dalam mengidentifikasi foto yang diajukan oleh pengembang.

"Ini juga dapat mengakomodasi para pengembang yang menerapkan kearifan lokal dalam membangun rumahnya, karena tiap daerah di Indonesia kondisinya berbeda-beda," lanjut Arief.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.