Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perumahan Subsidi di Manokwari Ini Dapat Bantuan PSU Jalan Lingkungan

Kompas.com - 19/09/2021, 12:07 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Perumahan Griya Anday di Manokwari, Papua Barat, telah mendapatkan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU) berupa jalan lingkungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jalan lingkungan perumahan bersubsidi yang sebelumnya selalu tergenang saat hujan turun tersebut kini sudah dibeton dan memiliki kualitas yang baik.

"Dulu jalan di perumahan bersubsidi yang kami tempati kalau hujan turun selalu becek dan membuat kami sulit untuk berpergian," ujar salah seorang Perumahan Griya Anday Hansarius dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/09/2021).

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur mengungkapkan, penyaluran bantuan PSU dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan sekaligus mendukung Program Sejuta Rumah (PSR).

“Kami juga ingin memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 untuk ikut bekerja melalui program Padat Karya Tunai (PKT) bidang perumahan," ucap dia.

Baca juga: 761 Rumah Subsidi di Gorontalo Dapat Bantuan PSU Rp 4,2 Miliar

Perumahan Griya Anday Kabupaten Manokwari mendapatkan bantuan PSU rumah umum MBR pada tahun 2021.

Hingga kini, pihak penyedia jasa yaitu PT Fulica Land telah menyelesaikan proses pembangunan PSU kawasan perumahan yang berlokasi di Jalan Anday, Distrik Manokwari Barat, Kota Manokwari, Papua Barat tersebut.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Papua II Yance Pabisa menjelaskan, bantuan PSU yang disalurkan berupa jalan beton sepanjang 175 meter dengan lebar 4 meter untuk 50 unit rumah.

"Saat ini semuanya sudah selesai 100 persen. Sedangkan total anggaran pembangunan PSU tersebut sebesar Rp 311,2 juta,” jelas Yance.

Yance berharap, pihak pengembang lainnya bisa lebih pro aktif mengusulkan bantuan PSU melalui Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU).

Dengan demikian, ke depan lebih banyak rumah bersubsidi yang dibangun pengembang memiliki kualitas lingkungan yang baik.

"Silahkan pengembang usulkan bantuan PSU kepada Kementerian PUPR melalui SIBARU,” tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com