Kompas.com - 19/09/2021, 16:00 WIB
PLBN Jagoi Babang di Kalimantan Barat. Dok. Kementerian PUPR.PLBN Jagoi Babang di Kalimantan Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang dapat ditempuh selama 1,5 jam perjalanan dari ibu kota negara bagian Sarawak di Malaysia Timur.

Untuk diketahui, jarak Sarawak dengan PLBN yang berada di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) itu hanya sekitar 60 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila dibandingkan dengan jarak tempuh dari Kota Pontianak menuju lokasi PLBN, dibutuhkan waktu kurang lebih 7 jam dalam mengandarai mobil karena jaraknya mencapai 270 kilometer.

Konstruksi PLBN Jagoi Babang mulai dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kalbar Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya sejak 27 November 2020.

Hingga kini, pembangunan Jagoi Babang telah mencapai 26,71 persen yang ditargetkan rampung 19 Juli 2022.

Dana pembangunan PLBN Jagoi bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun jamak 2020-2022 senilai Rp 207,35 miliar.

Baca juga: PLBN Baru Bakal Dibangun di Kalbar, Pemerintah Bantu Legalisasi Aset

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan kawasan perbatasan merupakan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mendukung kegiatan sosial-ekonomi masyarakat sebagai beranda terdepan Indonesia.

Pengembangan PLBN ini tidak hanya menjadi kebanggan Indonesia sebagai bangsa besar, namun hal terpenting adalah fungsi pertahanan dan keamanan sekaligus pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah perbatasan.

"PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," kata Basuki dikutip dari siaran pers, Minggu (19/09/2021).

Desain PLBN Jagoi Babang di Kalimantan Barat.Dok. Kementerian PUPR. Desain PLBN Jagoi Babang di Kalimantan Barat.
Untuk meningkatkan kualitas layanan PLBN, dibangun berbagai fasilitas utama meliputi pos pemeriksaan imigrasi, x-ray, gerbang dan monumen Tasbara, gudang barang sita, bangunan disinfeksi kendaraan, dan menara pengawas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.