Kompas.com - 19/09/2021, 12:07 WIB
Bantuan prasarana, sarana, dan utilitas umum bagi Perumahan Griya Anday di Manokwari, Papua Barat. Dok. BALAI P2P PAPUA II/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRBantuan prasarana, sarana, dan utilitas umum bagi Perumahan Griya Anday di Manokwari, Papua Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Perumahan Griya Anday di Manokwari, Papua Barat, telah mendapatkan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU) berupa jalan lingkungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jalan lingkungan perumahan bersubsidi yang sebelumnya selalu tergenang saat hujan turun tersebut kini sudah dibeton dan memiliki kualitas yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dulu jalan di perumahan bersubsidi yang kami tempati kalau hujan turun selalu becek dan membuat kami sulit untuk berpergian," ujar salah seorang Perumahan Griya Anday Hansarius dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/09/2021).

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur mengungkapkan, penyaluran bantuan PSU dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan sekaligus mendukung Program Sejuta Rumah (PSR).

“Kami juga ingin memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 untuk ikut bekerja melalui program Padat Karya Tunai (PKT) bidang perumahan," ucap dia.

Baca juga: 761 Rumah Subsidi di Gorontalo Dapat Bantuan PSU Rp 4,2 Miliar

Perumahan Griya Anday Kabupaten Manokwari mendapatkan bantuan PSU rumah umum MBR pada tahun 2021.

Hingga kini, pihak penyedia jasa yaitu PT Fulica Land telah menyelesaikan proses pembangunan PSU kawasan perumahan yang berlokasi di Jalan Anday, Distrik Manokwari Barat, Kota Manokwari, Papua Barat tersebut.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Papua II Yance Pabisa menjelaskan, bantuan PSU yang disalurkan berupa jalan beton sepanjang 175 meter dengan lebar 4 meter untuk 50 unit rumah.

"Saat ini semuanya sudah selesai 100 persen. Sedangkan total anggaran pembangunan PSU tersebut sebesar Rp 311,2 juta,” jelas Yance.

Yance berharap, pihak pengembang lainnya bisa lebih pro aktif mengusulkan bantuan PSU melalui Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU).

Dengan demikian, ke depan lebih banyak rumah bersubsidi yang dibangun pengembang memiliki kualitas lingkungan yang baik.

"Silahkan pengembang usulkan bantuan PSU kepada Kementerian PUPR melalui SIBARU,” tutupnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.