Kompas.com - 11/09/2021, 11:00 WIB
fasilitas pendukung Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika ITDCfasilitas pendukung Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah fokus menyelesaikan pembangunan fasilitas pendukung Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Fasilitas pendukung ini dibangun untuk menyambut event balap motor internasional World Superbike (WSBK) yang akan digelar 12-14 November 2021 mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fasilitas pendukung tersebut antara lain tunnel (terowongan), race control, pit building, medical center dan helipad.

Tunnel JKK terdiri dari tunnel 1 sepanjang 65,57 meter yang terletak di utara JKK dan tunnel 2 sepanjang 117,77 meter yang terletak di selatan JKK.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Raup Kredit Investasi dari Himbara Rp 400 Miliar

Kedua tunnel dibangun sebagai akses pendukung yang menghubungkan jalan provinsi di sisi utara dengan lot-lot di dalam JKK dan area kawasan di bagian selatan JKK.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan hingga saat ini pembangunan tunnel telah mencapai 100 persen untuk struktur dan plumbing, serta 99 persen untuk finishing.

Menurutnya tunnel telah dilengkapi dengan fasilitas penerangan yang menyala selama 24 jam dan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kami memastikan tunnel JKK yang kami bangun memiliki kelengkapan pendukung yang lengkap sehingga aman dan nyaman untuk dilewati oleh masyarakat maupun wisatawan," kata Bram dalam keterangannya, Jumat (10/09/2021).

Untuk mengantisipasi limpahan air di musim hujan dan genangan air, masing-masing tunnel telah dilengkapi dengan sistem drainase.

Selain itu juga didukung oleh pompa air otomatis (submersible) yang berkapasitas 0,117 meter kubik per detik atau 7,07 meter kubik per menit untuk tunnel 1 dan 0,073 meter kubik per detik atau 4,38 meter kubik per menit untuk tunnel 2.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.