Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorna Beri Tanggapan Positif soal Progres Sirkuit The Mandalika

Kompas.com - 17/08/2021, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) Mandalika International Street Circuit mendapatkan tanggapan positif dari operator Moto GP, Dorna Sport.

Dalam rilis yang diterima oleh Kompas.com, Minggu (15/08/2021), Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer menjelaskan, perusahaan telah melakukan virtual assessment pada Kamis (12/8/2021) lalu.

Virtual assessment yang membahas homologasi JKK The Mandalika ini merupakan yang pertama di dunia terhadap trek sirkuit. Ini diikuti oleh perwakilan dari Dorna Sport, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan anak usaha ITDC, MGPA.

“Kami sangat bersyukur dalam kegiatan assessment tersebut, Dorna Sport menyampaikan tanggapan dan kepercayaan yang positif atas progres pembangunan JKK The Mandalika,” ujar Abdulbar.

Baca juga: Pengaspalan Rampung, Kendaraan Berkecepatan 330 Kilometer Per Jam Bisa Melintasi Sirkuit Mandalika

Karena itu, ITDC optimistis bisa menuntaskan penantian panjang selama 26 tahun, agar Indonesia kembali menjadi tuan rumah balap motor berkelas internasional.

ITDC saat ini fokus pada peningkatan fasilitas pendukung untuk menyambut pelaksanaan event balap motor internasional FIM Superbike World Championship (WSBK) pada 12-14 November 2021 mendatang.

Untuk diketahui, ITCD telah menyelesaikan pengaspalan pengaspalan Main Track (Trek Utama) JKK The Mandalika sepenjang 4,31 km dan dilakukan acara seremoni pada Minggu (15/08/2021) area tikungan 2 dan 3.

Selain pengaspalan, pemasangan concrete barrier dan pembangunan tunnel sudah selesai dikerjakan.

Kedua area ini nantinya akan berfungsi sebagai akses penonton ke dalam area sirkuit, service area, hotel serta fasilitas lain di dalam area trek.

Tak hanya itu, pembangunan medical center yang dilengkapi helipad di dalam sirkuit, juga tengah disiapkan. Seluruh operasional dan penyediaan peralatan kesehatan disupport oleh Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Akses Jalan Menuju Kuta Beach Park di The Mandalika Selesai September

Dukungan Kementerian lain dalam mendukung Mandalika International Street Circuit adalah pembangunan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok-The Mandalika yang dilakukan oleh Kementerian PUPR.

ITDC tengah berfokus untuk mempercepat pembangunan Pullman Hotel The Mandalika. Saat ini, progres pekerjaan Pullman Hotel mencapai 78,77 persen dan tergetnya akan dioperasikan pada November 2021.

Guna meningkatkan konektivitas dalam kawasan, saat ini ITDC juga telah memulai tahap konstruksi Paket I dan II Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (MUTIP) untuk membangun infrastruktur dasar di zona barat, tengah, dan timur dari kawasan The Mandalika.

Item pekerjaan MUTIP Paket I yang mulai dikerjakan adalah pembangunan sejumlah ruas jalan dengan total panjang 4,35 km serta lot parkir kendaraan.

Sementara item pekerjaan MUTIP paket II yang tengah dikerjakan berupa sejumlah ruas jalan dengan total panjang 2,99 km yang akan menjadi penghubung wilayah komersial di zona timur The Mandalika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com