Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Jalan Menuju Kuta Beach Park di The Mandalika Selesai September

Kompas.com - 13/08/2021, 10:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melanjutkan pembangunan akses jalan di sisi barat dan timur area Kuta Beach Park (KBP), The Mandalika.

Kedua akses jalan ini merupakan penghubung jalan provinsi di sisi barat dan timur menuju KBP.

“Infrastruktur ini untuk mempermudah akses wisatawan dan masyarakat menuju KBP dan spot wisata lainnya di area KBP seperti Bazaar Mandalika serta Masjid Nurul Bilad, juga area wisata lainnya di kawasan The Mandalika," kata Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Jumat (13/08/2021).

Menurutnya pembangunan ini juga merupakan wujud komitmen ITDC dalam melengkapi infrastruktur dasar kawasan sehingga dapat menarik minat investor untuk menanamkan modal di The Mandalika.

Baca juga: ITDC: Lahan Enclave Terakhir di The Mandalika Dikosongkan Pemiliknya secara Mandiri

Bram menjelaskan pengerjaan proyek ini dilakukan menggunakan anggaran pembiayaan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui skema National Interest Account (NIA) yang diterima ITDC pada tahun 2020 lalu.

Sementara pelaksana pembangunannya adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Bunga Raya Lestari KSO. Dikerjakan sejak Mei 2021 dan ditargetkan selesai September 2021.

Akses jalan di sisi barat KBP terbagi menjadi ruas A-A1 dengan panjang 342 meter dan lebar delapan meter serta ruas A1-H1 dengan panjang 253 meter dan lebar enam meter.

Sementara, akses jalan di sisi timur KBP terbagi menjadi ruas A5-A6 dengan panjang 320 meter dan lebar 4,5 meter serta ruas I-I’ dengan panjang 160 meter dan lebar sembilan meter.

Saat ini, akses jalan sisi barat sedang memasuki tahap pemasangan crossing box saluran drainase jalan, hamparan dan pemadatan timbunan serta clearing area.

Sementara, akses jalan sisi timur telah memasuki tahap hamparan timbunan dan pemadatan Lapisan Permukaan Atas (LPA), pemasangan kerb pembatas jalan dan pemasangan tiang Penerangan Jalan Umum (PJU).

Kedua akses jalan ini dilengkapi dengan infrastruktur lainnya seperti drainase (saluran air), jaringan listrik dan telpon, pedestrian dan Penerangan Jalan Umum (PJU).

KBP merupakan area wisata dan rekreasi bagi wisatawan yang terletak di pinggir pantai Kuta, The Mandalika.

Area ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti arena bermain anak-anak, toilet berikut ruang bilas dan loker, termasuk toilet bagi penyandang disabilitas, serta sebuah plaza terbuka yang bisa digunakan sebagai panggung penyelenggaraan event.

Selain itu di KBP juga terdapat gedung Balai Penyelamatan dan Pengamanan Wisata (Balawisata) dengan fungsi sebagai pos penyelamatan, pos kesehatan, pusat informasi wisata, dan pengamanan pantai, yang dilengkapi Warning Receiver System (WRS) New Generation sebagai alat deteksi gempa dan tsunami.

KBP merupakan tempat favorit bagi wisatawan yang berkunjung untuk melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga, bersepeda, berenang, piknik, maupun sekedar menikmati indahnya pemandangan di pantai Kuta.

KBP juga telah menjadi venue dari sejumlah event nasional dan internasional seperti TNI International Marathon 2018, Tour de Lombok-Mandalika (Cycling) 2018-2019, The Mandalika Tourist Mart 2019, The Mandalika Gowes 2019, dan Karya Kreatif Indonesia (KKI) di tahun 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com