Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Mandalika Masuki Tahap Pembangunan Infrastruktur Dasar Paket II

Kompas.com - 03/08/2021, 07:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola The Nusa Dua, Bali dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, NTB, mulai merealisasikan pembangunan infrastruktur dasar yang masuk dalam Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (MUTIP) Paket II.

Pembangunan infrastruktur yang tengah berjalan yakni konstruksi pada sejumlah ruas jalan dengan total panjang 2,99 kilometer.

Konstruksi ini mengawali implementasi dari kontrak kerja yang telah ditandatangani antara ITDC dan Joint Operation PT Hutama Karya (Persero)-PT Adhi Karya (Persero) Tbk (JO HUTAMA-ADHI) beberapa waktu lalu, untuk pembangunan infrastruktur dasar yang termasuk ke dalam Paket II MUTIP.

Baca juga: Tol Udara The Mandalika Diresmikan, Dukung World Superbike dan MotoGP

Penandatanganan kontrak pekerjaan konstruksi dilakukan setelah melalui proses pengadaan dengan metode internasional open competitive tender serta telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan oleh lembaga pemberi pinjaman.

Kontrak MUTIP Paket II meliputi pembangunan sarana dan prasarana jaringan jalan, normalisasi sungai, pembangunan fasilitas amenity core, gerbang kawasan, dan konstruksi Masjid Area Timur.

Kemudian pembangunan jaringan pipa air bersih, jaringan air kotor, dan jaringan pipa air irigasi berikut kelengkapannya dengan durasi pekerjaan selama 730 hari kalender.

Program MUTIP terdiri dari Paket I dan Paket II, dengan total nilai mencapai Rp 1,7 triliun yang dibiayai sepenuhnya oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Ini merupakan pembiayaan pertama secara standalone atau mandiri yang dilakukan AIIB di Indonesia dan secara global merupakan pembiayaan pertama AIIB bagi kegiatan pembangunan infrastruktur pariwisata.

Baca juga: Metode Ngaspal with BIM Sirkuit Mandalika Pukau Juri PP Awards

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan, ITDC telah memulai untuk  merealisasikan program MUTIP Paket II ini.

"Total nilai untuk proyek MUTIP secara keseluruhan Rp 1,7 triliun. Khusus untuk kontrak MUTIP Paket II mencapai Rp 753 miliar. Kami akan terus memastikan kontrak ini dapat direalisasikan dengan maksimal hingga dua tahun ke depan," kata Abdulbar dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Senin (02/08/2021).

Abdulbar menjelaskan pembangunan ini merupakan komitmen ITDC dalam menjalankan amanat Presiden RI Joko Widodo mewujudkan percepatan pengembangan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata unggulan di Indonesia.

Melalui kelengkapan infrastruktur dasar di sektor pariwisata di The Mandalika, tentunya akan meningkatkan konektivitas dan mobilitas yang baik sehingga menghasilkan sistem logistik yang efisien di dalam kawasan.

Di samping menarik bagi para investor, akses ini tentunya akan bermanfaat juga bagi para stakeholder The Mandalika lainnya, seperti wisatawan, masyarakat desa penyangga The Mandalika, tenant, dan pemerintah setempat..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com