Metode Ngaspal with BIM Sirkuit Mandalika Pukau Juri PP Awards

Kompas.com - 09/07/2021, 12:00 WIB
Sirkuit MotoGP Mandalika ITDCSirkuit MotoGP Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - Metode pengaspalan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), ternyata menarik perhatian juri dalam forum PP Awards 2021.

Untuk diketahui, PP Awards 2021 merupakan forum yang diselenggarakan oleh BUMN Karya PT PP (Persero) Tbk untuk mendorong inovasi penyedia jasa konstruksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pergelaran tahunan ini, proses penjurian inovasi dilakukan pada dua kategori, yaitu inovasi metode konstruksi dan inovasi manajemen perkantoran.

Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto yang menjadi juri di PP Awards 2021 tersebut mengatakan pengerjaan kontruksi di Sirkuit Mandalika cukup menarik perhatian.

Baca juga: Tembus 78,6 Persen, Jalan Kawasan Khusus The Mandalika Ditargetkan Rampung Sesuai Jadwal

“Salah satu proyek yang menarik perhatian yaitu “Sistem Pengaspalan dengan Spesifikasi Khusus pada Proyek Sirkuit Mandalika” yang dilakukan langsung di lokasi proyek menggunakan drone,” ujar Suprijanto yang menjadi juri untuk kategori Inovasi Metode Konstruksi.

Dengan nilai kontrak Rp 899 miliar, tim proyek diberi tugas untuk menyelesaikan pembangunan lintasan MotoGP itu sesuai dengan standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM).

Beberapa kriteria yang harus dipenuhi yakni tingkat surface regularity (kerataan) sekitar 3 sampai 5 mm, toleransi elevasi 3 mm dan tidak boleh ada cold join memanjang.

Kemudian cold join melintang hanya diperbolehkan untuk segmen tertentu sesuai persetujuan konsultan perencana. Suhu minimal penghamparan relatif tinggi pada sekitar 140 derajat.

Metode pengaspalan dianggap unik karena pengaturan rute dan ketebalan seluruhnya otomatis.

Sehingga pengaspalan dapat terus berlangsung dan tak ada waktu tunggu untuk suplai hotmix ke finisher.

Baca juga: Sambut World Superbike, Konstruksi Jalan Kawasan The Mandalika Dipercepat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.