Tol Udara The Mandalika Diresmikan, Dukung World Superbike dan MotoGP

Kompas.com - 16/07/2021, 20:00 WIB
Kegiatan peresmian jalan tol udara di kawasan The Mandalika ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Komitmen antara ITDC dan AirNav Indonesia di Gedung Balawista, Kuta Beach Park The Mandalika oleh Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro dan General Manager AirNav Indonesia Cabang Lombok Buyung Prastiyono. Dok. ITDCKegiatan peresmian jalan tol udara di kawasan The Mandalika ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Komitmen antara ITDC dan AirNav Indonesia di Gedung Balawista, Kuta Beach Park The Mandalika oleh Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro dan General Manager AirNav Indonesia Cabang Lombok Buyung Prastiyono.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia meresmikan pembukaan jalan tol udara untuk helikopter dari dan menuju kawasan The Mandalika, Kamis (15/07/2021).

Jalan tol udara yang diresmikan merupakan jalur penerbangan helikopter dari berbagai lokasi di Pulau Lombok menuju kawasan The Mandalika dan sebaliknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini juga termasuk rute Bandara Zainuddin Abdul Madjid (Bandara ZAM) di Praya Lombok ke kawasan The Mandalika.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, pembukaan jalan tol udara ini merupakan salah satu bentuk dukungan AirNav Indonesia yang disambut baik oleh ITDC.

Baca juga: Tembus 78,6 Persen, Jalan Kawasan Khusus The Mandalika Ditargetkan Rampung Sesuai Jadwal

Dukungan ini adalah upaya dalam menyukseskan penyelenggaraan gelaran World Superbike (WSBK) pada November 2021 dan Moto Grand Prix (MotoGP) tahun 2022 mendatang.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada tim AirNav Indonesia yang sigap dalam menunjukkan dukungan terhadap pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, khususnya terkait rencana penyelenggaraan balap motor internasional sekelas WSBK dan MotoGP," tutur Bram dalam keterangan tertulis, Jumat (16/07/2021).

Bram melanjutkan, ITDC optimistis bahwa rute helikopter yang akan dinavigasikan oleh AirNav Indonesia bakal menjadi akses yang memudahkan berbagai kebutuhan persiapan maupun penyelenggaraan acara supaya  lancar dan sukses.

Salah satunya adalah mempercepat akses bagi tim medis demi keselamatan dan kecepatan penanganan pebalap jika terjadi kecelakaan saat acara berlangsung.

Sebelum peresmian ini dilaksanakan, AirNav Indonesia telah mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan telah dipublikasikan secara internasional bahwa jalur ini akan efektif mulai Kamis (15/07/2021).

General Manager AirNav Indonesia Cabang Lombok Buyung Prastiyono menuturkan, ketinggian jalan tol udara ini telah ditentukan setinggi 500 kaki atau sekitar 152,4 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Metode Ngaspal with BIM Sirkuit Mandalika Pukau Juri PP Awards

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.