Kompas.com - 05/09/2021, 11:17 WIB
ITDC Peroleh Fasilitas Kredit Sindikasi dari Himbara Senilai Total Rp 647 Miliar ITDCITDC Peroleh Fasilitas Kredit Sindikasi dari Himbara Senilai Total Rp 647 Miliar

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menandatangani perjanjian kerja sama fasilitas kredit sindikasi dengan Himbara untuk proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Melalui Perjanjian ini, Himbara akan memberikan fasilitas kredit sindikasi berupa kredit investasi pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau street circuit dengan limit sebesar Rp 400 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kredit untuk sirkuit jalan ini merupakan bagian dari fasilitas kredit sindikasi senilai total Rp 647 miliar.

Baca juga: Pengaspalan 100 Persen, Sirkuit Mandalika Rampung Akhir September

Selain untuk JKK, kredit ini juga dialokasikan sebagai kredit modal kerja untuk persiapan penyelenggaraan WSBK dan MotoGP dengan limit mencapai Rp 150 Miliar, serta fasilitas non cash Loan/Standby Letter of Credit (SBLC) dengan limit hingga 14,6 juta euro atau setara Rp 247,1 miliar.

"Perjanjian yang ditandatangani ini merupakan tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Fasilitas Sindikasi Perbankan yang ditandatangani pada Juli tahun lalu oleh ITDC bersama PT PP dan anggota Himbara," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Minggu (5/9/2021).

Berdasarkan perjanjian tahun lalu, disepakati akan dilakukan pembangunan menggunakan skema Pre-Financed Project dalam rangka pembangunan JKK/Street Circuit di dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) The Mandalika, NTB.

“Fasilitas kredit investasi pembangunan street circuit dengan limit sebesar Rp 400 miliar tersebut akan kami manfaatkan sepenuhnya untuk memenuhi pembiayaan pembangunan di mana sebagian telah dibiayai dengan menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) yang kami terima pada 2020 lalu," ujarnya.

Kerja sama antar BUMN dalam bentuk fasilitas kredit merupakan suatu bukti komitmen solid dari BUMN serta menunjukkan kepercayaan yang tinggi atas komitmen ITDC dalam mengembangkan kawasan The Mandalika serta keseriusan dalam menyelenggarakan event balap motor Internasional di Mandalika International Street Circuit.

“Sebelumnya kami juga merasa sangat bangga karena Mandalika International Street Circuit terpilih sebagai venue Pre Season Test MotoGP pada Februari 2022. Ini merupakan sebuah penghargaan yang besar atas kerja keras kami," kata Abdulbar.

Hal ini juga menjadi tambahan semangat bagi ITDC untuk makin fokus menyelesaikan pembangunan street circuit ini dan mempersiapkan event World Superbike (WSBK) pada 12 hingga 14 November, Pre Season Test MotoGP pada Februari 2022, dan MotoGP Maret 2022.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.