Kompas.com - 10/09/2021, 15:00 WIB
Dirjen Perumahan Kementerian PUPR sedang membangun rusun MBR di kawasan DIY. Dirjen Perumahan Kementerian PUPRDirjen Perumahan Kementerian PUPR sedang membangun rusun MBR di kawasan DIY.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya meningkatkan ketersediaan hunian layak.

Salah satunya dengan melakukan pembangunan hunian vertikal atau rusun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat melakukan kunjungan kerja ke DIY pada Kamis, 9 September 2021 mengatakan, saat ini sedang mendorong pembangunan hunian vertikal berupa Rusun untuk MBR.

"Kami ingin agar MBR juga bisa tinggal di hunian yang layak huni dengan biaya sewa yang terjangkau," katanya dikutip dari laman Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.

Baca juga: Tahun Depan, Dibangun 205 Kilometer Jalan Baru dan Rusun 3.501 Unit

Khalawi menyampaikan, pembangunan ini diperlukan seiring lahan untuk perumahan semakin terbatas, Karena itu, ia menilai rusun dapat menjadi alternatif hunian bagi MBR.

"Program pembangunan rusun dilaksanakan tidak hanya untuk MBR tapi juga untuk para ASN yang bertugas di perbatasan, mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi dan santri di pondok pesantren," jelasnya.

Menurut Khalawi, rusun ini tidak hanya fokus pada mutu bangunan saja, tapi juga dilengkapi dengan meubelair. Sehingga masyarakat dapat tinggal dengan nyaman dan layak huni.

Fasilitas di rusun sekarang sudah lengkap dengan meubelairnya dan biaya sewanya juga sangat terjangkau.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Jawa III M Mulya Permana menambahkan, rusun mulai dikerjakan pada 30 Maret 2021 lalu. Lokasinya berada di Jalan Sidomuluo, Bener Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

"Ditargetkan selesai pada bulan akhir bulan Oktober mendatang," kata Mulya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.