Kompas.com - 10/09/2021, 14:30 WIB
Gerai Carrefour pertama di Mall of the Emirates, Dubai menggunakan sistem tanpa kasir. Retail News AsiaGerai Carrefour pertama di Mall of the Emirates, Dubai menggunakan sistem tanpa kasir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ritel supermarket asal Perancis, Carrefour, baru saja membuka gerai pertama di Mall of the Emirates, Dubai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam operasionalnya, supermarket ini menerapkan sistem mirip dengan yang ada di Amazon Go, yakni supermarket tanpa kasir. Proses pembayaran pun akan memanfaatkan sistem pengenalan wajah.

Seperti dikutip dari Retail News Asia, di Carrefour Dubai, terpasang 97 kamera pengawas yang bertugas mengamati dengan cermat setiap pelanggan dan pergerakan mereka.

Namun kamera tersebut tak hanya berfungsi sebagai CCTV namun sudah bisa mengidentifikasi produk, mengawasi stok, dan mengikuti pergerakan konsumen.

Baca juga: Amazon Berencana Buka Toko Ritel

Ini adalah supermarket tanpa kasir pertama dari Carrefour yang bekerja dengan mengandalkan teknologi dari kamera pintar.

Carrefour mengadopsi teknologi yang diterapkan oleh Amazon Go, yang telah merintis supermarket tanpa pegawai beberapa tahun lalu di Amerika Serikat.

Carrefour memang sudah memiliki gerai di mana pelanggan tidak harus melalui checkout, tetapi mereka masih harus memindai barang secara manual.

Dengan sistem baru ini, kamera pintar akan mendeteksi wajah ketika seorang konsumen mengambil produk dan secara otomatis menambahkannya ke struk belanjaan mereka.

Namun pembeli baru bisa mendapatkan akses masuk ke toko jika mereka menginstal Aplikasi MAF Carrefour di ponsel pintar mereka.

MAF adalah singkatan dari operator pusat perbelanjaan Majid Al Futtaim. Aplikasi ini dirancang untuk mengenali pelanggan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.