Kompas.com - 02/09/2021, 14:00 WIB
jembatan jembatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Alokasi anggaran terbesar Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2022 yaitu infrastruktur jalan senilai Rp 21,79 triliun.

Ini diperuntukkan bagi pembangunan jalan sepanjang 286 kilometer dan preservasi, rehabilitasi, rekonstruksi, dan pelebaran jalan menuju standar sepanjang 2.903,94 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk pembangunan jalan sepanjang 286 kilometer ini antara lain ruas Jalan Geumpang-Pameue di Aceh, Jalan Selat Lampa-Teluk Depih-Simpang Sekunyam di Kepulauan Riau, Pantai Selatan Jawa (Pansela) di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

Baca juga: Simak, Perkembangan Terbaru 8 Ruas Jalan Tol Trans-Sumatera

Lalu, Siding/Seluas-Sekayang/Entikong di Kalimantan Barat, Long Pahangai-Long Boh dan Loh Bagun-Tering di Kalimantan Timur, Teluk Buton-Klarik di Kepualauan Riau (Kepri), dan lain-lain.

Selanjutnya preservasi, rehabilitasi, rekonstruksi, dan pelebaran jalan menuju standar di antaranya Jalan Batas Aceh Tengah-Lhok Seumot-Jeuram di Aceh, Dairi-Dolok Sanggul di Sumatera Utara, Baso-Batas Provinsi Riau di Sumatera Barat, dan masih banyak lagi.

Alokasi anggaran tersebut merupakan bagian dari perolehan pagu anggaran Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR pada tahun depan sebesar Rp 39,70 triliun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, jumlah pagu anggaran tersebut mengalami backlog sebesar Rp 28,40 triliun dibandingkan usulan indikatif Rp 68,10 triliun.

"Jadi kalau kita perhatikan, tahun depan kita mengalami kontraksi anggaran cukup signifikan," terang Hedy dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Rabu (01/09/2021).

Selain jalan, alokasi anggaran juga diperuntukkan bagi infrastruktur jembatan senilai Rp 6,96 triliun.

Baca juga: Deviasi Negatif, Ditjen Bina Marga Baru Serap Anggaran Rp 22,8 Triliun

Jumlah tersebut dialokasikan untuk pembangunan dan duplikasi jembatan sepanjang 5.620 meter.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.