Pengaspalan 100 Persen, Sirkuit Mandalika Rampung Akhir September

Kompas.com - 01/09/2021, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang merupakan anak perusahaan ITDC melaporkan, progres terkini pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA Dwianto Eko Winaryo mengatakan proses pengaspalan Sirkuit Mandalika sepanjang 4,310 kilometer sudah selesai 100 persen.

"Hingga saat ini progres keseluruhan sirkuit sudah mencapai 96,5 persen. Jadi pengaspalan main track itu sudah selesai di Mandalika, kita juga sudah menyambungkan antar main track," kata Dwianto dalam Konferensi Pers Virtual Progres Sirkuit Mandalika, Rabu (01/09/2021).

Baca juga: Sengkarut Mandalika, Tumpang Tindih Hak Tanah dan Ganti Rugi Tak Dibayar

Menurutnya progres di lapangan saat ini telah memasuki tahap finalisasi. Kendati demikian, terdapat beberapa pengerjaan lain yang belum selesai seperti pemasangan pemasangan pagar outer dan pagar inner sirkuit, pengerjaan service road dan run off, serta race control dan medical center.

Dia menargetkan proyek ini rampung konstruksinya pada 30 September 2021 mendatang.

"Jadi tinggal sedikit lagi yang bisa kita selesaikan, insya Allah 30 september itu adalah target kita. Untuk bisa selesaikan semuanya termasuk juga dengan pagar outer dan pagar inner," ujarnya.

Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika mulai dibangun pada Januari 2020, dengan perkiraan biaya konstruksi sebesar Rp 3,6 triliun.

Dana pembangunan sirkuit diperoleh dari pinjaman Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) secara bertahap yang berlangsung hingga 2023.

Presiden Joko Widodo berharap dengan terbangunnya Sirkuit Mandalika menjadi sebuah titik awal pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat bisa memberikan dukungan kepada ekonomi nasional dan NTB.

"Kita tentu berharap ini akan menjadi titik awal pertumbuhan ekonomi baru bagi Indonesia dan juga NTB," kata Jokowi saat meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (17/5/2019).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.