Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Masuk Uji Laik Fungsi

Kompas.com - 03/08/2021, 20:00 WIB
Jalan Tol Serang-Panimbang PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) Jalan Tol Serang-Panimbang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan pertama Agustus 2021, proses pembangunan proyek Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 telah mencapai 98 persen.

Kini, proyek jalan tol tersebut tengah menjalani proses uji laik fungsional (ULF) dan sedang bersiap untuk ke tahapan berikutnya yakni uji layak operasional (ULO) sebagai bagian dari persyaratan untuk memperoleh sertifikat layak operasi (SLO).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengharapkan, dibangunnya Jalan Tol Serang-Panimbang dapat meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata di kawasan Banten.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Seksi I Siap Diresmikan Agustus Tahun Ini

"Selain itu, akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata," lanjut Basuki dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Selasa (3/8/2021).

Keberadaan Jalan Tol Serang-Panimbang diproyeksikan dapat mendukung pengembangan ekonomi Banten bagian tengah, selatan dan utara yang berdekatan dengan Provinsi DKI Jakarta.

Jalan Tol Serang PanimbangPT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) Jalan Tol Serang Panimbang
PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk merupakan badan usaha Jalan Tol (BUJT) berdasarkan perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada tanggal 22 Februari 2017.

BUJT inilah yang membangun Jalan Tol Serang Panimbang yang melintasi empat kabupaten/kota yakni Kota Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang.

Proses pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dikerjakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Jalan bebas hamabtan berbayar ini terdiri atas tiga seksi yakni Seksi 1 sepanjang 26,5 kilometer menghubungkan Serang-Rangkasbitung, Seksi 2 sepanjang 24,17 kilometer menghubungkan ruas Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 kilometer yang menghubungkan Cileles-Panimbang.

Untuk seksi 1 dan 2 menjadi porsi BUJT WSP dan seksi 3 dikerjakan Pemerintah.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.