Tol Serang-Panimbang Seksi I Siap Diresmikan Agustus Tahun Ini

Kompas.com - 15/07/2021, 12:00 WIB
Jalan Tol Serang-Panimbang. Dok. Kementerian PUPR.Jalan Tol Serang-Panimbang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung siap diresmikan Agustus tahun ini. 

Hal ini menyusul progres konstruksi seksi tersebut yang telah mencapai 96,63 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 Cileles-Panimbang baru tuntas Agustus 2023.

Kedua seksi itu masing-masing telah mencapai progres konstruksi sebesar 75 persen dan 64,21 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan terbangunnya akses jalan akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata.

"Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (15/07/2021).

Baca juga: BSI Pimpin Pembiayaan Sindikasi Syariah Tol Serang-Panimbang Rp 1,8 Triliun

Pembangunan Tol Serang-Panimbang dikerjakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengam total nilai investasi sebesar Rp 8,58 triliun.

Untuk Seksi 1-2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Wijaya Karya Serang Panimbang dan Seksi 3 merupakan porsi pemerintah.

Kehadiran Tol Serang-Panimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi  wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan dengan Banten Utara yang secara geografis berdekatan dengan DKI Jakarta.

Selain itu, Tol Serang-Panimbang akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan seperti dari Jakarta menuju obyek wisata Tanjung Lesung.

Sebelumnya, akses menuju obyek wisata tersebut membutuhkan waktu tempuh hingga 5 jam, melalui tol tersebut bisa menjadi sekitar 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata sebesar 100 kilometer per jam.

Untuk diketahui, Tol Serang-Panimbang terdiri dari tiga seksi yaitu Seksi 1 Serang-Rangkasbitung membentang 26,5 kilometer.

Sementara Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles dan Seksi 3 Cileles-Panimbang masing-masing sepanjang 24,17 kilometer dan 33 kilometer.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.