Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE: Pengoperasian Tol Serang-Panimbang Juni 2021, Saat Ini Persiapan Uji Laik Fungsi

Kompas.com - 04/05/2021, 20:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - ASTRA Infra Solutions (AIS) mengungkapkan perkembangan terbaru (update) rencana operasionalisasi Tol Serang-Panimbang Seksi I Ruas Serang-Rangkas Bitung.

Menurut Chief Executive Officer AIS Ega N Boga, ruas tol sepanjang 26,50 kilometer tersebut dipastikan beroperasi pada Juni 2021.

"Hal ini berdasarkan perkembangan terbaru, dan saat ini AIS sedang mempersiapkan uji laik fungsi (ULF)," tutur Ega dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (04/05/2021).

Ega menjelaskan, selain ULF, persiapan lain yang sedang dilakukan adalah integrasi sistem pentarifan dan operasionalisasi antara Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak (Astra Tol Tangerang-Merak) dengan PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai pemegang konsesi Tol Serang-Panimbang.

Baca juga: Tol Akses BIJB Kertajati Tembus 58 Persen, Musim Haji Beroperasi Fungsional

Sebagai operator dan pemelihara Tol Tangerang-Merak dan Tol Serang-Panimbang, AIS akan mendukung proses integrasi ini agar berjalan lancar dan tepat waktu.

"Kami juga berharap persiapan yang dilakukan dapat memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggan," ujar Ega.

Untuk diketaui, AIS memenangi tender pengoperasian dan pemeliharaan Tol Serang-Panimbang Seksi I Ruas Serang-Rangkas Bitung pada Maret 2021.

Tol Serang-Panimbang yang membentang 83,67 kilometer ini dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi sebesar Rp 5,33 triliun.

Baca juga: Mulai 6 Mei Pukul 00:00 WIB, KM 31 Tambun Tol Japek Bakal Disekat

Terdiri dari Seksi 1 Serang–Rangkasbitung (26,50 kilometer), dan Seksi 2 Ruas Rangkasbitung-Cileles (24,17 kilometer) porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh WSP dan Seksi 3 Ruas Cileles-Panimbang (33 kilometer) yang merupakan porsi Pemerintah.

WSP sendiri merupakan konsorsium dari Sino Road & Bridge Co. Ltd dengan porsi 55 persen, dan masing-masing 22.5 persen antara PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Sebelumnya, dalam virtual gathering pada Senin (03/05/2021), Ega memastikan operasionalisasi Tol Serang-Panimbang pada sekitar September-Oktober 2021.

Pengoperasian ini sebagai bentuk dukungan Astra Infra Solution yang bekerja berdasarkan komitmen WSP kepada Pemerintah.

"Sekitar September-Oktober 2021 targetnya operasional. Semua proses sedang dipersiapkan, terkait operasionalnya," ujar Ega dalam virtual gathering yang digelar Senin (03/05/2021).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com