Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Penyesuaian Operasional Transjakarta pada Masa PPKM Darurat

Kompas.com - 05/07/2021, 10:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain MRT Jakarta, PT Transjakarta juga melakukan penyesuaian jam operasional bus Transjakarta selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berlangsung yaitu periode 3 Juli hingga 20 juli 2021.

Mulai Minggu 4 Juli 2021 layanan Transjakarta berubah dan dipangkas sehingga hanya melayani masyarakat mulai dari pukul 05.00 hingga 20.30 WIB.

"Sementara untuk layanan kesehatan akan beroperasi mulai 20.30 hingga 21.30 WIB," ujar Diretur Operasional PT Transjakarta Prasetia Budi dalam keterangan tertulis, Senin (05/07/2021).

Baca juga: Terhambat Demo Sidang Rizieq Shihab, Rute Layanan Transjakarta Disetop Sementara

Prasetia mengatakan Transjakarta tetap memberlakukan kapasitas angkut 50 persen dari kapasitas normal dengan ketentuan bus gandeng hanya boleh diisi maksimal 60 pelanggan, bus sedang maksimal 30 pelanggan, bus kecil maksimal 15 pelanggan dan lima orang pelanggan.

Untuk memastikan semua berjalan sesuai aturan, Transjakarta menurunkan sebanyak 72 orang Satgas Covid-19.

"Satgas-satgas inilah yang akan berkeliling secara mobile ke setiap armada dan memastkan semua protokol kesehatan berjalan dengan baik," imbuh Prasetia.

Prasetia menuturkan, Transjakarta tidak pernah lengah dalam memastikan semua armada yang beroperasi sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

Armada Transjakarta dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara berkala, terpasang tanda jarak aman baik di halte dan dalam bus hingga ketersediaan hand sanitizer yang dapat dimanfaatkan pelanggan.

Transjakarta mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak.

Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk selalu menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com