Kompas.com - 04/07/2021, 18:32 WIB
Ilustrasi corona virus (Covid-19) KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi corona virus (Covid-19)

JAKARTA, KOMPAS.com - Penularan virus Covid-19 dapat terjadi melalui berbagai cara, salah satunya melalui udara.

Penularan melalui udara disebabkan karena adanya partikel aerosol yang merupakan tetesan pernapasan seseorang yang dapat bertahan di udara selama beberapa jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu langkah yang dianjurkan oleh ahli kesehatan di dunia untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui udara ini adalah memaksimalkan penggunaan masker saat beraktivitas.

Meski demikian, penularan virus Covid-19 ini dapat terjadi di mana saja. Tidak hanya di ruang publik dan terbuka, tetapi juga dapat terjadi di ruang privat atau ruang-ruang tertutup.

Belakangan, ramai di media sosial tentang penggunaan penyaringan/pembersihan udara di ruangan tertutup, baik di rumah, pusat perbelanjaan, maupun perkatoran, dengan teknologi High Efficiency Particulate Air (HEPA).

Baca juga: Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Rusun Pasar Rumput Mulai Dipasangi AC

Penggunaan produk air purifier dengan filter HEPA di Indonesia sejatinya jauh sebelum Covid-19 merebak.

Produsen peralatan rumah tangga home appliance macam Sharp, Samsung, Panasonic, LG dan Ezviz, sekadar menyebut contoh, juga menawarkan air purifier dengan filter HEPA.

Dengan air purifier atau pembersih udara, kualitas udara diklaim akan lebih baik, lebih segar, dan mencegah timbulnya reaksi alergi dari partikel halus, dan meningkatkan suasana lebih tenang.

Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menilai penggunaan pembersih udara HEPA sangat efektif dan dapat mencegah penularan Covid-19 di dalam ruangan.

Dalam laman resminya cdc.gov, CDC bahkan merilis sebuah laporan terkait hasil simulasi yang dilakukannya untuk menguji sejauh mana efektifitas HEPA dalam mencegah penularan Covid-19.

Halaman:


Sumber CDC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.