Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

I2LI dan I2RI, Wadah Tingkatkan Keahlian Pekerja BUMN Infrastruktur

Kompas.com - 04/07/2021, 12:12 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN Klaster Infrastruktur membentuk Indonesia Infrastructure Learning Institute (I2LI) dan Indonesia Infrastructure Research and Innovation Institute (I2RI).

Kedua institusi ini berfungsi sebagai tempat pelatihan, pembelajaran, praktek untuk meningkatkan keahlian para pekerja BUMN di sektor tersebut.

Adapun PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA bertindak sebagai koordinator dalam I2LI dan PT PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG bertindak sebagai koordinator I2RI.

Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmojo menyampaikan, kedua institusi akan menjadi wadah untuk mendorong terciptanya world class leader and talent, world class management practices, mengadopsi teknologi digital dan juga meningkatkan kapabilitas inovasi dari setiap talent BUMN.

"Saya yakin melalui BUMN yang semakin kompeten dan profesional, kita memiliki potensi untuk memajukan infrastruktur di negara ini secara sehat dan berkelanjutan dan mempunyai perusahaan-perusahaan infrastruktur berskala global," ungkap Kartika dalam keterangan tertulis, Minggu (04/07/2021).

Baca juga: 10 BUMN Klaster Infrastruktur Sepakat Dirikan Institut Penelitian

WIKA mendapatkan kepercayaan sebagai Koordinator I2LI. Perseroan bersama BUMN jasa infrastruktur lain diamanahkan untuk menjadikan I2LI sebagai wadah belajar bagi pekerja di bidang infrastruktur.

Unsur yang dikedepankan adalah metode 70/20/10 yaitu 70 persen terkait experimental learning, 20 persen social learning dan 10 persen formal learning.

Dalam proses belajar, I2LI juga akan melibatkan para pengajar dengan kompetensi serta pengalaman luas di bidang infrastruktur.

Sebagai tindak lanjut, I2LI telah melaksanakan serangkaian kegiatan di antaranya webinar "How BIM Solves Everything” yang diikuti oleh 1.495 peserta dari berbagai kalangan baik Kementerian, sesama BUMN, akademisi, swasta.

Kini, I2LI tengah menyelenggarakan Pelatihan Project Management yang bertujuan membekali pegawai BUMN Infra agar dapat memahami lingkup menyeluruh dalam mengelola proyek secara efektif melalui rujukan-rujukan praktek terbaik (best practice) berbasis kepada Project Management Body Of Knowledge (PMBOK).

Ke depannya, I2LI akan terus memberikan program pelatihan yang menyasar pada kebutuhan kompetensi BUMN Infrastruktur dengan pengajar yang merupakan ahli-ahli di BUMN Infrastruktur.

Human Capital WIKA dengan Kearifan Lokal untuk Daya Saing Global Direktur HC dan Pengembangan WIKA Mursyid menambahkan bahwa sebagai koordinator, WIKA siap untuk menjalankan tugas guna menyiapkan SDM Infrastruktur Indonesia yang kompeten dan berkualitas global.

Keyakinan itu juga didasari oleh sepak terjang WIKA dalam program pengembangan kepemimpinan di BUMN.

Sebelumnya, WIKA menjadi satu dari empat BUMN yang dipercaya sebagai working committee BUMN Leadership & Management Intitute, bersama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Wikasatrian sebagai pusat pelatihan kepemimpinan milik WIKA juga dikenal luas berkat model kepemimpinan yang diadopsi dari intisari kearifan lokal yang terdiri dari tiga aspek yaitu ketuhanan, kemanusiaan dan alam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com