Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Banjir Jakarta, Hakaaston Kembangkan Sumur Resapan

Kompas.com - 28/06/2021, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Hutama Karya (Persero), PT Hakaaston, membangun teknologi drainase vertikal berupa sumur resapan yang bakal dipasang di sejumlah titik Provinsi DKI Jakarta.

Pembangunan sumur resapan ini merupakan upaya mengoptimalkan pengendalian air hujan serta mengantisipasi banjir kembali terjadi.

Sumur resapan merupakan program prioritas Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Baca juga: Hakaaston Gandeng UNS Kembangkan Aspal dan Beton Jalan Tol

Hal ini sejalan dengan Instruksi Gubernur Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pengendalian Banjir di Era Perubahan Iklim.

Pembangunan sumur resapan di DKI Jakarta ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja sama e-katalog produk sumur resapan antara Direktur Utama HKA Dindin Solakhuddin dengan Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang & Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, Kamis (24/06/2021).

Dindin mengatakan, sumur resapan merupakan diversifikasi produk perusahaan yang dilakukan dalam upaya peningkatan pendapatan.

"Melalui produk sumur resapan ini, HKA berkomitmen menyukseskan program Pemprov DKI Jakarta dalam upaya pengendalian air hujan agar mencegah terjadinya banjir di ibu kota," terang Dindin dalam keterangan tertulis, Senin (28/06/2021).

Pada tahap awal, mock-up sumur resapan akan dipasang di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta dan Sekretaris Daerah, serta Kantor Balai Kota.

Untuk ke depannya, kata Dindin, Hakaaston siap melayani pemasangan sumur reapan di sejumlah titik di Jakarta.

Baca juga: Cargill Bangun Sumur Bor dan Tower Air untuk Warga Manyar Sidorukun

Menurut Dindin, pembangunan sumur resapan yang dibuat HKA telah sesuai dengan spesifikasi dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Perumahan dan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU).

Sumur resapan ini terdiri dari buis atau gorong-gorong beton dan bak penampung.

Dindin mengatakan, sumur resapan dipasang setelah dilakukan survei di lokasi yang memiliki permukaan tanah rendah dan dekat dengan saluran pembuangan air.

Terdapat 3 kedalaman pemasangan sumur resapan yakni, 3 meter, 4 meter, serta 5 meter.

Masing-masing kedalaman memiliki jumlah buis berbeda yaitu 5 buah untuk kedalaman 3 meter, 7 buis untuk kedalaman 4 meter, serta 9 buis untuk kedalaman 5 meter.

Fungsi dari sumur resapan adalah memaksimalkan penyerapan air hujan ke tanah melalui buis
dan bak penampung yang dipasang.

Material buis yang diproduksi Hakaaston juga terbuat dari beton porous yang memiliki rongga atau pori-pori sehingga penyerapan air bisa lebih maksimal.

HKA memiliki kemampuan produksi sebanyak 120 unit buis beton per hari. Sehingga, dalam sebulan, perusahaan mampu memproduksi hingga 3.600 buah buis beton.

Dindin mengungkapkan, 1 titik sumur resapan memerlukan paling sedikit 5 buis beton. Jadi, Hakaaston mampu menggarap hingga 720 titik sumur resapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com