Padat Karya Tunai Jalan dan Jembatan Serap 230.007 Tenaga Kerja

Kompas.com - 24/06/2021, 08:00 WIB
Padat Karya Tunai (PKT). Dok. Kementerian PUPR.Padat Karya Tunai (PKT).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga pertengahan Juni, Program Padat Karya Tunai (PKT) bidang jalan dan jembatan telah menyerap sebanyak 230.007 orang dengan realisasi penyaluran sebesar Rp 2,24 triliun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian memaparkan progres itu dikutip dari siaran pers, Rabu (23/06/2021).

"Tercatat hingga pertengahan Juni 2021, realisasi padat karya sudah dilaksanakan sebesar Rp 2,24 triliun dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 230.007 orang," terang Hedy.

Sejatinya, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mendapatkan alokasi anggaran PKT sebesar Rp 6,69 triliun pada Tahun Anggaran (TA) 2021.

Dari alokasi program PKT tersebut direncanakan dapat menyerap 273.603 tenaga kerja.

Program PKT bidang jalan dan jembatan diarahkan di lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami penambahan jumlah pengangguran sebagai bagian dari dampak Pandemi Covid-19 di daerah-daerah padat penduduk, khususnya Jawa, Bali, NTB, dan Sumatera.

Salah satu fokus pekerjaan PKT bidang jalan dan jembatan yang dilaksanakan adalah kegiatan revitalisasi drainase jalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Anggaran Rp 6,69 Triliun Dikucurkan untuk Padat Karya Tunai Jalan dan Jembatan

Pembenahaan drainase merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ruas jalan penting untuk meningkatkan kualitas layanan jalan nasional.

Saat ini, progres penyaluran anggaran PKT revitalisasi drainase jalan mencapai 73 persen atau senilai Rp 1,02 triliun dari alokasi anggaran sebesar Rp 1,4 triliun.

Sedangkan untuk progres penyerapan tenaga kerja sudah sebanyak 53.912 orang dari target 59.948 orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X