Anggaran Rp 6,69 Triliun Dikucurkan untuk Padat Karya Tunai Jalan dan Jembatan

Kompas.com - 30/03/2021, 17:00 WIB
Pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) jalan dan jembatan. Dok. Kementerian PUPR.Pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) jalan dan jembatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan anggaran Rp 6,69 triliun untuk program padat karya tunai (PKT) tahun 2021.

Anggaran itu dialokasikan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Untuk program karya tunai ini kita arahkan pada lokasi-lokasi yang berpotensi terjadinya pengangguran akibat pandemi,” kata Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Selasa (30/03/2021).

Hedy menjelaskan, Kementerian PUPR melanjutkan program infrastruktur PKT dengan target serapan tenaga kerja sebanyak 274.137 orang.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Alat Berat di Sejumlah Titik Rawan Longsor Lintas Sumatera

PKT ini akan diprioritaskan pada proyek revitalisasi drainase yang berada di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera.

Adapun pada tahun 2021 ini, program PKT untuk revitalisasi drainase jalan dialokasikan sebesar Rp1,41 triliun.

“Kami memang fokus untuk penyerapan tinggi itu di PKT revitalisasi drainase karena memang pekerjaan rutin dengan skema waktunya sepanjang tahun,” jelas Hedy.

Pelaksanaan PKT yang dilakukan Ditjen Bina Marga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu PKT rutin, PKT revitalisasi drainase, PKT jalan tol serta PKT tambahan untuk PEN.

"Untuk pekerjaan PKT rutin yaitu preservasi jalan senilai Rp 1,27 triliun, termasuk untuk pembersihan median jalan dan pengecatan marka," ujar dia.

Sementara PKT jalan tol dilaksanakan baik untuk pekerjaan operasi maupun konstruksi senilai Rp 800 miliar.

Selain itu, dilakukan juga pemeliharaan rutin jembatan yang menggunakan skema swadaya masyarakat dengan anggaran sebesar Rp 420 miliar misalnya pengecatan rangka jembatan.

Sementara PKT tambahan kontraktual mencakup pekerjaan revitalisasi drainase, perbaikan lereng, bronjong, perbaikan minor jembatan dan perkerasan bahu mencapai Rp 2,8 triliun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X