Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Merancang Rumah Baru? Yuk Ketahui Apa Itu Fasad

Kompas.com - 24/06/2021, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi untuk membangun hunian baru, memiliki rumah dengan fasad yang unik bisa menjadi salah satu pilihan.

Fasad merupakan istilah arsitektur yang mengacu pada satu sisi, biasanya pada bagian depan dari sebuah bangunan.

Bagian ini tidak berdiri sendiri dan menyatu dengan desain keseluruhan bangunan. Kehadiran fasad memberikan kesempatan bagi pemilik hunian untuk menonjolkan karakter bangunan.

Fasad dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan para arsitek untuk menunjukkan keahlian mereka dalam menghidupkan sebuah bangunan.

Baca juga: Tips Membersihkan Jendela Kaca Rumah

Meskipun fasad sering dikaitkan dengan bangunan mewah, sebenarnya bangunan apa pun dapat dapat diberi sebuah fasad.

Kebanyakan rumah di Indonesia belum memiliki fasad karena sering dianggap hanya membuang-buang dana. Padahal fasad dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan desain sebuah bangunan.

Meskipun Anda membuat desain fasad yang sederhana, namun mampu mengubah karakter sebuah bangunan dan bagaimana cara orang melihatnya.

Mengapa Fasad Bangunan Penting?

Fasad bangunan penting karena bisa memberikan penekanan pada desain. Terlalu banyak bangunan yang memiliki desain standar namun tak memiliki karakter apa pun.

Akibatnya meskipun sudah menggelontorkan dana besar untuk membangun hunian, Anda tetap tidak mendapatkan rumah yang istimewa.

Baca juga: Cara Memperbaiki Dinding Eksterior Rumah yang Rusak

Selain estetis, fasad bangunan juga memainkan peran penting dalam efisiensi energi serta menghubungkan desain eksterior bangunan dengan desain interior.

Banyak bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai fasad. Mulai dari kayu, bambu, rooster bahkan besi bahkan batu bisa membuat tampilan rumah berbeda.

Misalnya fasad dari rooster tak hanya memberikan tampilan rumah yang estetik, namun berperan dalam mengatur sirkulasi udara serta memberi pasokan cahaya matahari ke dalam rumah.

Nah, bagi yang sedang mendesain rumah barunya, konsultasikan dengan arsitek apa jenis fasad yang cocok dengan hunian baru Anda.

Sesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan. Namun,jangan lupa beri sentuhan karakter pribadi Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com