Sedang Merancang Rumah Baru? Yuk Ketahui Apa Itu Fasad

Kompas.com - 24/06/2021, 06:00 WIB
DUO, dirancang dengan langgam modern minimalis, terdapat dua muka fasad. IntilandDUO, dirancang dengan langgam modern minimalis, terdapat dua muka fasad.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi untuk membangun hunian baru, memiliki rumah dengan fasad yang unik bisa menjadi salah satu pilihan.

Fasad merupakan istilah arsitektur yang mengacu pada satu sisi, biasanya pada bagian depan dari sebuah bangunan.

Bagian ini tidak berdiri sendiri dan menyatu dengan desain keseluruhan bangunan. Kehadiran fasad memberikan kesempatan bagi pemilik hunian untuk menonjolkan karakter bangunan.

Fasad dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan para arsitek untuk menunjukkan keahlian mereka dalam menghidupkan sebuah bangunan.

Baca juga: Tips Membersihkan Jendela Kaca Rumah

Meskipun fasad sering dikaitkan dengan bangunan mewah, sebenarnya bangunan apa pun dapat dapat diberi sebuah fasad.

Kebanyakan rumah di Indonesia belum memiliki fasad karena sering dianggap hanya membuang-buang dana. Padahal fasad dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan desain sebuah bangunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun Anda membuat desain fasad yang sederhana, namun mampu mengubah karakter sebuah bangunan dan bagaimana cara orang melihatnya.

Mengapa Fasad Bangunan Penting?

Fasad bangunan penting karena bisa memberikan penekanan pada desain. Terlalu banyak bangunan yang memiliki desain standar namun tak memiliki karakter apa pun.

Akibatnya meskipun sudah menggelontorkan dana besar untuk membangun hunian, Anda tetap tidak mendapatkan rumah yang istimewa.

Baca juga: Cara Memperbaiki Dinding Eksterior Rumah yang Rusak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X