Jembatan Aek Tano Ponggol Dihias Ornamen Suku Batak, Tahun Depan Dibuka

Kompas.com - 23/06/2021, 08:00 WIB
Desain Jembatan Aek Tano Ponggol di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Dok. Kementerian PUPR.Desain Jembatan Aek Tano Ponggol di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi Jembatan Aek Tano Ponggol sepanjang 294 meter di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ditargetkan tuntas Tahun 2022.

Pembangunan jembatan ini bertujuan dalam mendukung Danau Toba yang telah dinobatkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas/Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Danau Toba sendiri telah ditetapkan sebagai bagian dari lima KSPN Prioritas/DPSP sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain Danau Toba, terdapat empat KSPN Prioritas/DPSP lain yang ditetapkan Pemerintah yaitu Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Manado-Bitung-Likupang di Sulawesi Utara.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut Selamat Rasidi mengatakan, jembatan itu merupakan satu-satunya akses darat menuju Pulau Samosir yang ada di tengah Danau Toba.

Baca juga: UI Raih Dua Gelar Kompetisi Rancang Jembatan Ramah Lingkungan

Aek Tano Ponggol dihiasi ornamen Dalihan Na Tolu yang merupakan filosofi suku Batak untuk menambah daya tarik wisatawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kemudian, jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang hadir, juga kepada kesejahteraan masyarakat,” terang Selamat dalam siaran pers, Selasa (22/06/2021).

Hingga kini, tengah dipasang bore pile dan tiang pancang pondasi jembatan sebagai bagian dari pekerjaan P3. Sebelumnya, pekerjaan pile cap pada P1 dan P2 jembatan sudah rampung dilakukan. 

Jembatan Aek Tano Ponggol terbagi menjadi jembatan utama sepanjang 179 meter dan jembatan pendekat 155 meter.

Jembatan utama terdiri dari 3 bentang dan paling utama sepanjang 99 meter menggunakan struktur utama berupa box girder.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X