Kompas.com - 24/05/2021, 11:49 WIB
Ilustrasi Kebakaran dan Petugas Pemadam Kebakaran SHUTTERSTOCK/KUSJUNIANTOIlustrasi Kebakaran dan Petugas Pemadam Kebakaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Musibah kebakaran melanda Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (22/05/2021) sore sekitar pukul 18.00 WIB.

Ruangan yang terbakar di Kantah Kabupaten Klaten berada di lantai dua, tepatnya ruang seksi pengukuran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Klaten Agung Taufik Hidayat memastikan, buku tanah dan warkah di Kantah Kabupaten Klaten dalam keadaan aman atau tidak terbakar.

"Sedangkan warkah dan buku tanah (berada) di lantai 1, dan surat ukur sudah bergabung di buku tanah dengan kondisi aman," jelas Agung dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Senin (24/05/2021).

Selain itu, kata Agung, Kantah Kabupaten Klaten sudah melakukan digitalisasi. Sehingga, upaya untuk meminimalisasi bencana sudah dilakukan dengan baik.

Dia menjelaskan, digitalisasi pada buku tanah telah mencapai 89,15 persen dari jumlah 662.709 buah dan surat ukur sebanyak 66,41 persen dari total 778.517 buah.

Agung menjelaskan, pelayanan di Kantah Kabupaten Klaten sudah bisa berjalan. Namun, dalam beberapa hari ke depan terpengaruh karena terdapat beberapa peralatan yang terbakar seperti alat ukur, komputer, dan printer.

Baca juga: Kantor Rusak Berat, Kanwil BPN NTT Selamatkan Berkas Pertanahan

Soal antisipasi kebakaran, pihaknya telah menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di setiap sudut ruangan agar ketika bencana terjadi, pegawai bisa dengan sigap mematikan api.

"Kami sudah mempersiapkan APAR dan mengarahkan kepada seluruh pegawai untuk mematikan arus listrik apabila tidak digunakan lagi," lanjut Taufik.

Namun upaya pemadaman menggunakan APAR kali ini tidak sanggup untuk memadamkan api karena sudah membesar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.