Kompas.com - 23/05/2021, 18:30 WIB
Arus balik mulai terjadi di Terminal Kampung Rambutan, Selasa (18/5/2021). Pemudik dari luar Jabodetabek mulai berdatangan di terminal yang berlokasi di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur itu. Bus-bus disemprot disinfektan. Dok. Sudin Gulkarmat JaktimArus balik mulai terjadi di Terminal Kampung Rambutan, Selasa (18/5/2021). Pemudik dari luar Jabodetabek mulai berdatangan di terminal yang berlokasi di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur itu. Bus-bus disemprot disinfektan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca dibuka kembali layanan angkutan layanan angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) pada periode mudik lebaran 2021, jumlah penumpang AKAP di 3 dari 4 Terminal Tipe A di bawah pengelolaan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengalami peningkatan.

Kepala BPTJ Polana B Pramesti mengatakan bahwa berdasarkan data pada tanggal 18 hingga 21 Mei 2021 tercatat terjadi kenaikan jumlah keberangkatan penumpang AKAP di Terminal Jatijajar Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal Baranangsiang Bogor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sementara khusus untuk terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan tidak terjadi kenaikan," kata Polana dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (23/05/2021).

Baca juga: BPTJ Setop Sementara Layanan Bus AKAP dan AKDP di Empat Terminal, Ini Rinciannya

Menurutnya peningkatan dihitung dengan asumsi perbandingan jumlah rata-rata penumpang pada masa normal yaitu pada bulan Januari-Maret 2021.

Kenaikan jumlah pengguna layanan AKAP sebesar 8,87 persen tercatat di Terminal Baranangsiang Bogor yang dilayani 24 PO.

Pada hari-hari biasa seperti pada bulan Januari sampai dengan Maret, Terminal Baranangsiang melayani penumpang sekitar 203 orang per hari.

Pasca masa peniadaan mudik, Terminal Baranangsiang tercatat melayani sebanyak 221 penumpang per hari.

Sementara, destinasi yang paling banyak dituju yaitu Wonosobo di Jawa Tengah dan Lampung serta Padang di Sumatera.

Peningkatan jumlah penumpang juga terjadi di Terminal Poris Plawad Tangerang, sekitar 74 persen.

Pada waktu normal, rata-rata setiap hari melayani penumpang sekitar 446 orang, sementara selepas masa peniadaan mudik tercatat 776 orang per hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.