Kampung Akuarium Punya Sertifikat HPL, Anies: Babak Baru Sengkarut Tanah Jakarta

Kompas.com - 06/05/2021, 08:00 WIB
Kondisi Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (9/10/2019) KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARIKondisi Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (9/10/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penyerahan sertifikat Hak Pengelolaan (HPL) Kampung Akuarium dari Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahn Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra, Selasa (04/05/2021).

Menurut Anies, penyerahan sertifikat HPL Kampung Akuarium ini menjadi babak baru penyelesaian masalah pertanahan di DKI Jakarta.

"Jika mencoba mengambil kasus yang kompleksitasnya tinggi, diharapkan akan lebih mudah menguraikan permasalahan lain," tutur Anies dikutip dari siaran pers, Rabu (05/05/2021).

Anies mengapresiasi Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi DKI Jakarta yang sanggup menyelesaikan masalah pertanahan menahun di DKI Jakarta ini.

Baca juga: Pasca-penggusuran, Warga dan Arsitek Rancang Kampung Akuarium Vertikal

Surya menambahkan, persoalan reforma agraria itu sebetuknya bersifat kontekstual karena daerah mempunyai permasalahan berbeda-beda.

Dengan demikian, penyelesaian dan solusi yang dibutuhkan juga berbeda. Hal ini sama halnya dalam menyelesaikan permasalahan reforma agraria di DKI Jakarta.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Surya, keterbatasan lahan menjadi masalah utama yang sudah lama terjadi di Jakarta bertahun-tahun lamanya.

“Membereskan tanah di DKI Jakarta itu tidak mudah, tidak ada cara lain selain konsolidasi tanah,” tutur Surya.

Umumnya, permasalahan yang terjadi di kota besar adalah masyarakat memiliki tanah dalam jumlah kecil serta bersifat individual.

Jika tanah digabung menurut aturan konsolidasi tanah dan diatur penataannya menjadi lebih baik, pasti dan sehat, akan ada peningkatan kualitas lingkungan dan kondisi masyarakat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X