Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Kota Terbaik di Asia Tenggara, Jakarta Peringkat Berapa?

Kompas.com - 28/05/2024, 06:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu kota Indonesia, Jakarta dinobatkan sebagai kota terbaik ke lima di Asia Tenggara menurut Oxford Economics Global Cities Index 2024.

Meskipun demikian, secara global, Jakarta berada di posisi ke 284 dari 1.000 kota yang masuk dalam jangkauan survei.

Ada lima indikator yang dinilai oleh Oxford Economics yakni aspek ekonomi, pemerintahan, sumber daya manusia, kualitas kehidupan dan lingkungan.

Baca juga: Harga Apartemen Premium di Jakarta Paling Murah Se-Asia

Jakarta sendiri berada di peringkat ke-40 dari aspek ekonomi, ke-89 untuk sumber daya manusia, dan peringkat ke-741 untuk tingkat kualitas hidup.

Sementara untuk kondisi lingkungan, Jakarta ada di peringkat 793. Pemerintahan di Jakarta sendiri berada di peringkat ke-480.

Kondisi Jakarta saat ini masih kalah jauh bila dibandingkan dengan negara tetangga kita, Singapura yang dinobatkan sebagai kota terbaik nomor 1 di Asia Tenggara.


Secara global, Singapura ada di posisi ke-42, satu peringkat di bawah kota Seoul, Korea Selatan dan satu peringkat di atas Berlin, Jerman.

Baca juga: Pemerintah Singapura Bakal Perluas Marina Bay Sands

Singapura sendiri berada di peringkat ke-78 dari sisi ekonomi dan peringkat ke-43 untuk pengelolaan sumber daya manusia.

Sedangkan untuk kualitas hidup, Singapura berada di posisi ke-40. Pengelolaan lingkungan di Singapura masih ada di posisi ke-424. Namun, pemerintah di sana berada di posisi ke-135.

Adapun kota-kota lainnya di Asia Tenggara yang masuk dalam peringkat 5 besar sebagai kota terbaik di Asia antara lain Kuala Lumpur (peringkat 135 secara global) and Bangkok (peringkat 192 secara global) dan Manila (peringkat 256 secara global).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com