Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Peniadaan Mudik, 70.000 Kendaraan Lintasi Tol Cipali

Kompas.com - 05/05/2021, 17:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang pembatasan mudik Lebaran 2021, 70.000 kendaraan melintasi Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Selasa (04/05/2021).

General Manager Operation ASTRA Tol Cipali Suyitno mengatakan mayoritas atau 50.000 kendaraan di antaranya melalui Gerbang Tol (GT) Palimanan.

"Pantauan ASTRA Tol Cipali, para pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanan menuju arah timur terpantau ramai pada malam hingga dini hari," kata Suyitno dalam keterangannya, Rabu (05/05/2021).

Baca juga: Mulai 6 Mei, Gerbang Cikarang Barat Tol Japek Bakal Disekat

Meskipun ada peraturan larangan mudik yang dikeluarkan oleh Pemerintah selama periode 6-17 mei 2021, sebagai pengelola ASTRA Tol Cipali tetap memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jalan dengan mengoptimalkan 29 gardu di GT Palimanan.

Tentunya, optimalisasi gardu di GT Palimanan akan disesuaikan melihat kondisi lalu lintas ke arah Palimanan.

Selain itu, sejumlah armada layanan lalu litas ASTRA Tol Cipali telah disiagakan untuk membantu pengguna jalan.

Adapun armada yang disiapkan terdiri dari 12 unit mobil Patroli, 5 ambulans, 12 derek, 2 unit mobil rescue dan 6 unit kendaraan PJR yang bersinergi dengan Kepolisian wilayah.

Baca juga: Tol Akses BIJB Kertajati Tembus 58 Persen, Musim Haji Beroperasi Fungsional

Terdapat pula fasilitas pendukung seperti Variable Message Sign (VMS) yang tersebar di wilayah Tol Cipali tujuannya agar dapat mengupdate informasi terkini arus lalu lintas dan himbauan di Tol Cipali.

ASTRA Tol Cipali mengimbau pengguna jalan untuk selalu berkendara dengan aman dan berhati-hati dengan mematuhi rambu-rambu keselamatan yang berada di sepanjang Tol Cipali.

Selalu berkendara dengan batas kecepatan maksimal 100 kilometer per jam dan minimal 60 kilometer per jam. Pada kondisi hujan batas kecepatan berkendara 60 kilometer per jam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com