SiPetruk Diklaim Tidak Akan Hambat Kerja Pengembang Perumahan

Kompas.com - 18/03/2021, 10:46 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Ilustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekeriaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arief Sabaruddin mengatakan, aplikasi SiPetruk tidak akan menghambat kerja pengembang perumahan.

"Prosesnya tidak akan menghambat progres kerja pengembang perumahan di lapangan," kata Arief dalam keterangan, Kamis (18/03/2021).

Menurutnya penerapan SiPetruk ini sangat penting terutama untuk menjaga kualitas bangunan yang dibangun oleh para pengembang perumahan.

Terlebih, bangunan tersebut merupakan subsidi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Baca juga: Selain LPJK, Pengembang Bisa Awasi Kualitas Rumah Subsidi via SiPetruk

Karenanya, harus ditegaskan bahkan bangunan tak hanya sekedar kuantitas tetapi juga kualitas rumah harus dikedepankan.

"Penyaluran rumah subsidi tidak hanya bertumpu pada masalah kuantitas tetapi juga harus memastikan bahwa rumah yang dibeli oleh masyarakat harus berkualitas, dimanfaatkan dan dihuni dengan baik," jelasnya.

Selain itu, setiap rumah subsidi yang dibangun harus memenuhi ketentuan teknis bangunan, yaitu persyaratan kelaikan hunian yang meliputi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan.

Bahkan rumah itu juga harus memenuhi persyaratan tata bangunan dan lingkungan, yang merupakan syarat dalam mewujudkan perumahan sehat dan berkelanjutan.

“Dalam pembangunan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah di lapangan masih banyak kita jumpai hunian dengan kualitas rendah. Kita harus melindungi MBR dengan memberikan kualitas rumah yang baik, karena ada dana subsidi di dalamnya,” tuturnya.

Arief juga menegaskan bahwa berbagai relaksasi yang telah diberikan pemerintah dalam pengembangan perumahan selama ini tidak ditujukan untuk mengurangi kualitas hunian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.