Kompas.com - 17/03/2021, 19:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS com - Pengembangan food estate di Ex -PLG Kalimantan Tengah seluas 137.000 dari total 165.000 hektar akan dituntaskan tahun 2021 ini.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dari total luas lahan food estate yang diperuntukkan sebagai cadangan pangan, seluas 28.000 hektar di antaranya memiliki kondisi irigasi yang baik.

"Kalau Food Estate Ex -PLG Kalimantan Tengah ini untuk tanaman pangan padi, luasnya 165.000 hektar, seluas 28.000 hektar di antaranya dalam kondisi baik, jadi sudah bagus dan sudah ditanam oleh para petani," kata Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI, Rabu (17/03/2021).

Jadi, ada sisa luas lahan 137.000 hektar sawah yang perlu dilakukan rehabilitasi atau perbaikan dan juga peningkatan.

Baca juga: Guru Besar IPB Sebut Food Estate Langgar Kaidah Akademis

Seluas 2.000 hektar lahan sawah di antaranya ada di Kecamatan Dadahup, Kecamatan Kapuas yang merupakan proyek Multiyears (MYC) dari tahun 2020 dan 135.000 hektar lainnya merupakan garapan tahun ini.

Sementara untuk dukungan jalan terus dikerjakan dengan pembangunan jalan sepanjang 34,7 kilometer. Saat ini progres fisiknya baru mencapai 9,5 persen.

Sedangkan progres fisik pembangunan jembatan sepanjang 60 meter mencapai 22,7 persen.

Pembangunan jalan ini juga dilakukan di Belanti Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah yaitu sepanjang 41,9 kilometer dengan progres 4,4 persen.

Sementara untuk pembangunan jembatan sepanjang 170 meter telah mencapai progres 25,1 persen.

Tak hanya itu, akan dibangun juga dukungan infrastruktur berupa perumahan untuk para pegawai di Kabupaten Gunung Mas.

Hanya saja dukungan perumahan ini ditunda pelaksanaannya pada tahun 2022.

"Demikian pula akan dibangun rumah khusus sebanyak 41 unit di Gunung Mas. Dan ini dilakukan pada tahun 2022 nanti. Jadi untuk para pegawai yang akan menanam singkong di Kabupaten Gunung Mas tersebut," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.