Kompas.com - 17/03/2021, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali tengah melakukan pemasangan girder jembatan di Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, tepatnya berada di KM 158.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, pemasangan girder jembatan ini membuat progres pekerjaan Tol Akses BIJB mencapai 60 persen.

"Tentunya, hal ini merupakan salah satu peningkatan layanan konstruksi yang kami lakukan kepada pengguna jalan," ujar Agung dikutip dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (17/3/2021).

Dengan dilakukan pemasangan girder jembatan di KM 158 ini, Astra Tol Cipali melakukan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas ini berupa pembuatan detour (jalan sementara) untuk pengalihan kendaraan, mulai Senin (15/3/2021) hingga Sabtu (20/3/2021) pukul 07.00-15.00 WIB. 

Demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Astra Tol Cipali juga telah melakukan pemasangan perambuan peringatan dini di sekitar lokasi pekerjaan sepanjang 400 meter.

Baca juga: Sabtu, Astra Operasikan Jalur Detour 400 Meter Tol Cipali

Agung mengatakan, Astra Tol Cipali juga telah memberikan informasi kepada pengguna jalan terkait pemasangan girder di KM 158 Kertajati melalui media luar ruang seperti pemasangan spanduk pekerjaan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) arah Jakarta dan Palimanan.

Kemudian, informasi melalui Variable Message Sign (VMS), pemasangan dan pembagian flyer informasi pekerjaan di setiap Gerbang Tol (GT) sebelum Kertajati sampai dengan Cikampek.

Untuk diketahui, Tol Akses BIJB Kertajati terkoneksi dengan Tol Cikopo-Palimanan yang dimulai dari KM 158+700.

Nantinya, Tol Akses BIJB Kertajati juga akan terhubung dengan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menghubungkan Kota Bandung dan wilayah sekitarnya.

Jalan bebas hambatan berbayar ini dibangun dengan panjang 3,7 kilometer, lebar lajur 3,6 meter, serta memiliki empat buah lajur untuk dua arah.

Adapun konstruksi Tol Akses BIJB Kertajati dilakukan oleh Project Management Consultant ASTRA Infra Solutions beserta kontraktor pelaksana PT Acset Indonusa Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Lalu, konsultan supervisi PT Mitrapacific Consulindo International dan konsultan pengendalian mutu independen PT Eskapindo Matra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.