Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Astra Operasikan Jalur Detour 400 Meter Tol Cipali

Kompas.com - 19/02/2021, 20:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memastikan jalur pengganti atau detour di median jalan sepanjang 400 meter di Km 122 bisa digunakan mulai Sabtu (20/02/2021).

"Jumat malam ini pukul 22.00 WIB di Km 122 akan mulai dilakukan pengalihan dari contraflow menjadi lalu lintas normal dengan menggunakan detour di median sepanjang 400 meter," kata Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo dalam keterangannya, Jumat (19/02/2021).

Agung menjelaskan, pengoperasian jalur pengganti ini lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya selama 10 hari. Pekerjaan detour rampung selama 7 hari.

"Dengan beroperasinya jalur pengganti ini maka secara resmi menutup contraflow sepanjang 1 kilometer sehingga tidak ada lagi penyempitan baik itu arah Cirebon atau arah Jakarta,” tandas Agung.

Baca juga: Tol Cijago Mandek, BPJT Bantu Jamin Dana Pengadaan Lahan

Astra Tol Cipali bersama Kepolisian dan Dinas Perhubungan wilayah setempat bersinergi dalam penanganan arus lalu lintas dengan pengaturan dan pemasangan MCB atau pembatas jalan yang memisahkan jalur arah Jakarta dengan Jalur arah Cirebon.

Jalur pengganti di median ini terdiri dari 2 lajur yang dapat dilalui dengan lancar, aman dan nyaman oleh pengguna jalan.

Proses selanjutnya setelah jalur pengganti di median Km 122 beroperasi dan lalu lintas normal, mulai dilakukan pekerjaan konstruksi selama 1,5 bulan untuk amblesan dalam lima tahap.

Pertama, pengeboran struktur shoulderpile sebagai penahan longsoran. Kedua, pengurugan area keretakan dengan selected material hingga top badan jalan.

Ketiga, perkerasan badan jalan, pemasangan sistem drainase atau saluran pengairan dan terakhir pemasangan aksesoris jalan seperti guardrail dan deliniator.

Baca juga: Astra Infra Luncurkan Inovasi Struk Digital untuk Transaksi Jalan Tol

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menyatakan, Astra Tol Cipali berkomitmen untuk menyelesaikan penanganan permanen jalan ambles 45 hari ke depan.

Adapun lingkup pekerjaan yang hingga saat ini terus dilakukan yaitu drainase memanjang sepanjang 400 meter di bawah detour yang sudah selesai, cross drain menunggu selesai bored pile dan capping beam, serta cross drain dengan u ditch 40×60 meter sepanjang 100 meter di 3 titik.

Berdasarkan informasi dari pelaksana konstruksi PT Acset Indonusa Tbk, untuk perkuatan lereng dengan sheet pile sudah terpasang 312 batang sesuai rencana dan terdapat penambahan 43 batang sementara untuk perkuatan lereng landasan alat berat.

Sedangkan untuk pekerjaan soil investigation titik kedua masih dalam progres dari rencana 3 titik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com