Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelabuhan Patimban Punya Potensi Besar, Saatnya Berburu Tanah

JAKARTA, KOMPAS.com -Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tengah dibangun oleh Pemerintah.

Pelabuhan ini resmi dikelola oleh PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI). Proses pembangunan tengah berjalan dan diperkirakan selesai pada 2027 mendatang.

Bila rampung maka pelabuhan ini akan menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia dan bisa menampung sebanyak 7,5 juta TEUs setiap tahunnya untuk peti kemas, dan 600.000 kendaraan.

Melihat besarnya peluang keuntungan di masa depan, para investor disarankan untuk berburu tanah di sekitar Pelabuhan Patimban sejak sekarang.

Head of Industrial and Logistics Services Colliers Indonesia Rivan Munansa mengatakan pengembangan kawasan industri di Patimban diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi sekitar dan mengkapitalisasi ekonomi Indonesia yang berkembang pesat.

Menurutnya, demi meningkatkan daya tarik bagi investor lokal maupun asing, pengembangan kawasan industri di Patimban diharapkan dapat menarik berbagai industri lain, terutama kendaraan listrik yang saat ini menjadi topik hangat.

“Ekspansi ke arah koridor timur membuka potensi untuk bidang usaha lain seperti Fast Moving Consumer Good (FMCG) serta cold storage,” jelas Rivan.

Ia yakin apabila infrastruktur seperti jalan tol JORR 2 (bagian Marunda-Cibitung-Jagorawi-Cijago) serta jalan tol Jakarta-Cikampek 2 mulai beroperasi, minat dan permintaan kawasan industri diprediksi akan peningkatan.

“Permintaan kawasan industri di Patimban diproyeksikan mengalami peningkatan, dan berpotensi akan setara dengan Kawasan industri seperti di Bekasi dan Karawang,” tandas Rivan.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/05/10/210000021/pelabuhan-patimban-punya-potensi-besar-saatnya-berburu-tanah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke