Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Sebaiknya Disingkirkan dari Ruang Keluarga

Kompas.com - 07/03/2024, 08:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber home guide

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga disebut sebagai jantung rumah. Di ruang inilah, Anda menghabiskan waktu bersama keluarga, berhubungan dengan teman, bersantai sendiri, dan melakukan banyak hal lainnya.

Lantaran menjadi pusat aktivitas di rumah, ruang keluarga harus memiliki desain interior yang sempurna agar memberi kenyamanan saat berkumpul. 

Baca juga: 7 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Ruang Keluarga, Kenapa?

Meski ada banyak ide desain interior dan dekorasi yang bisa diterapkan untuk mempercantik ruangan, ada beberapa hal atau barang yang tidak boleh masuk ke ruang keluarga. 

Hal ini tidak hanya membuat ruang keluarga tampak buruk dan berantakan, tapi juga menjadi tidak nyaman serta mengundang orang untuk datang. 

Nah, dilansir dari Home Guide, Kamis (7/3/2024), berikut lima hal yang sebaiknya disingkirkan dari ruang keluarga.

Furnitur yang terlalu besar

Ilustrasi ruang keluarga bergaya rustic modern dengan plafon balok dan batu alam pada dinding.Shutterstock/Artazum Ilustrasi ruang keluarga bergaya rustic modern dengan plafon balok dan batu alam pada dinding.
Salah satu kesalahan desain yang umum terjadi di ruang keluarga dan desain interior rumah pada umumnya adalah memilih furnitur yang terlalu besar.

Ini bisa berupa sofa besar, meja kopi besar, atau pusat hiburan besar (perhatikan bahwa ukurannya relatif terhadap ukuran ruang keluarga).

Meski Anda menganggapnya bagus untuk fungsionalitas, hal itu sebenarnya akan mengorbankan estetika.

Furnitur yang terlalu besar membuat ruang keluarga terasa sempit dan berlebihan. Sebagai gantinya, pertimbangkan furnitur dengan ukuran tepat untuk memastikan ruang keluarga terasa koheren. 

Baca juga: 9 Barang yang Harus Disingkirkan dari Ruang Keluarga, Ini Alasannya

Pilihan pencahayaan yang buruk

Selanjutnya, hal yang sebaiknya disingkirkan dari ruang keluarga adalah pencahayaan yang buruk. Pencahayaan dapat menciptakan atau menghancurkan sebuah ruangan.

Jika berhemat dalam pencahayaan, Anda tidak akan dapat memanfaatkan potensi penuh dari ruang keluarga yang dirancang dengan baik sekalipun.

Salah satu kesalahan tersebut adalah hanya mengandalkan satu lampu di atas kepala sebagai satu-satunya sumber pencahayaan.

Sebagai gantinya, cobalah melapisi berbagai jenis pencahayaan yang berbeda, seperti pencahayaan ambient, pencahayaan tugas, dan pencahayaan aksen, serta selalu pastikan memanfaatkan sinar matahari pada siang hari. 

Baca juga: 7 Furnitur Multifungsi yang Dapat Digunakan di Ruang Keluarga Kecil

Terlalu banyak elemen yang serasi

Membiarkan jiwa kreatif Anda mengalir di ruang keluarga adalah cara bagus untuk merefleksikan kepribadian Anda.

Namun, ketika Anda melakukan segala sesuatu yang serasi, tujuan tersebut akan hilang. Alih-alih membeli set furnitur yang sangat serasi, pilihlah yang tidak serasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com