Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2024, 20:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur yang bersih dan harum bisa membuat tidur lebih nyaman dan berkualitas. 

Kamar tidur yang harum juga bisa membuat suasana hati lebih bahagia, sehingga kualitas hidup bisa meningkat. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Kamar Tidur Selalu Harum

Namun, untuk membuat kamar tidur selalu harum, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (6/3/2024), berikut tips agar kamar tidur selalu harum

Pastikan kamar tidur selalu bersih

ilustrasi kamar tidur bersih dan rapiShutterstock/onzon ilustrasi kamar tidur bersih dan rapi

Kamar tidur termasuk area yang mudah kotor dan berantakan karena ruangan ini digunakan dalam waktu yang lama. Kotoran yang ada di kamar tidur bisa memicu aroma tak sedap. 

Millie Hurst, editor di Homes & Gardens, mengatakan bahwa debu juga bisa membuat kamar tidur berbau tidak sedap. Maka dari itu, salah satu cara agar kamar tidur selalu harum yaitu dengan rutin membersihkan kamar. 

Baca juga: 8 Cara Membuat Kamar Tidur Selalu Harum, Bantu Tidur Nyenyak

Mencuci seprai setiap minggu

Tips agar kamar tidur selalu harum lainnya yaitu mencuci seprai setiap minggu. Dengan mencuci seprai, maka debu dan keringat yang menempel pada seprai bisa hilang. 

Boston pendiri Tidy Here merekomendasikan untuk mencuci seprai setiap minggu serta mengangin-anginkan selimut dan bantal setiap bulan.

Selain membuat kamar tidur tetap harum, perawatan ini juga berguna untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan. 

Baca juga: Cara Mencuci Seprai dengan Benar Menurut Pakar Binatu

Membersihkan kasur secara mendalam

Mencuci seprai saja tidak cukup. Kasur juga perlu rutin dibersihkan, bahkan perlu dibersihkan secara mendalam. Kasur perlu dibersihkan secara mendalam setidaknya enam bulan sekali. 

Carlos Garcia, pakar kebersihan di Total Clean, menyarankan untuk menyedot debu di kasur terlebih dahulu sebelum membersihkan kasur secara mendalam. Jika ada noda, sebaiknya taburkan sedikit soda kue, lalu bersihkan sisa soda kue tersebut. 

Selain menggunakan soda kue, detergen ringan atau pembersih khusus kasur juga bisa digunakan untuk membersihkan noda di kasur. 

Setelah kasur bersih, semprotkan campuran air dan minyak esensial agar kasur beraroma harum. Sebelum dilapisi dengan seprai, pastikan kasur sudah kering. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur Busa dengan Benar dan Mudah

Meningkatkan ventilasi udara di kamar

Ilustrasi jendela kamar tidurSHUTTERSTOCK/JR-STOCK Ilustrasi jendela kamar tidur

Tips agar kamar tidur selalu harum lainnya yaitu meningkatkan ventilasi udara di kamar. Maka dari itu, sebaiknya buat jendela di kamar dan buka jendela tersebut setiap pagi, sehingga bau apak di kamar bisa hilang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com