Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2023, 22:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika bekerja menyiram kotoran dan air, kloset mengeluarkan suara. Namun, suara kloset ini terbilang pelan dan aman. 

Sayangnya, dalam kondisi tertentu, kloset bisa tiba-tiba mengeluarkan suara tak biasa, bahkan cenderung keras, seperti suara palu atau desisan, saat menyiram.  

Baca juga: 6 Penyebab Kloset Tidak Menyiram dan Cara Memperbaikinya

Ini bisa menandakan kloset tidak berfungsi baik. Penyebab kloset mengeluarkan suara ketika menyiram karena penumpukan puing-puing atau penyumbatan pada pipa.

Hal ini juga dapat mengindikasikan ada bagian kloset tertentu yang rusak, sering kali melibatkan katup pengisian, tabung isi ulang, segel katup, penutup kloset, atau katup suplai air.

Untungnya, penyebab kloset mengeluarkan suara setelag menyiram mudah didiagnosis dan diperbaiki.

Kloset adalah perangkat sederhana dengan beberapa bagian, jadi Anda harus dapat menghentikan suara tersebut untuk selamanya.

Nah, dikutip dari The Spruce, Rabu (6/9/2023), berikut penyebab kloset mengeluarkan suara setelah menyiram.  

Baca juga: 7 Penyebab Kloset Bocor dan Cara Mengatasinya

Segel kloset rusak 

Ilustrasi kloset, dudukan kloset.SHUTTERSTOCK/CURRAHEESHUTTER Ilustrasi kloset, dudukan kloset.
Segel yang rusak pada katup pengisian dapat menyebabkan kloset mengeluarkan suara mendesis setelah disiram.

Meski ini adalah suara khas kloset yang sedang mengisi ulang tangkinya, suara ini berlanjut lebih lama dari satu hingga tiga menit.

Segel pada katup pengisian kloset mungkin berkarat atau rusak. Segel dapat dibersihkan atau diganti. Jika hal ini tidak mengatasinya, gantilah seluruh katup pengisian toilet

Segel katup pengisian kloset kotor 

Segel katup pengisian kloset yang kotor atau buruk dapat menjadi penyebab kloset mengeluarkan suara setelah menyiram, khususnya suara berdecit.

Bunyi ini singkat dan berakhir ketika air memenuhi tangki. Dalam kebanyakan kasus, membersihkan segel katup atau menggantinya secara keseluruhan biasanya akan menyembuhkan suara siulan. Berikut cara memperbaikinya. 

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Flush Kloset yang Lambat

Penutup kloset rusak 

Tabung isi ulang yang tidak tersusun dengan benar atau penutup kloset yang rusak dapat membuat kloset berbunyi seperti menyiram sendiri.

Beberapa saat setelah Anda menyiram kloset, toilet mungkin mengeluarkan bunyi ghost flush, yaitu sebagian atau seluruhnya menyiram dengan sendirinya tanpa perlu menekan tuas.

Bunyi kloset ini sering disebut ghost (hantu) atau phantom flush karena terdengar menakutkan seperti seseorang menyiram kloset meski tidak ada orang di dalam ruangan. Berikut cara memperbaikinya.  

Baca juga: 4 Penyebab Kloset Meluap dan Cara Mengatasinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com